Breaking News:

Berita Malang

Pupuk Bersubsidi Dipastikan Aman di Kabupaten Malang

Pemerintah Kabupaten Malang memastikan tidak ada kelangkaan pupuk bersubsidi di Kabupaten Malang.

SURYA/ERWIN WICAKSONO
Direktur Pemasaran PT Pupuk Indonesia, Achmad Tossin Sutawikara (tengah), saat lakukan tinjauan di Gudang Pupuk Bersubsidi PT Petrokimia Gresik, Pakisaji, Kabupaten Malang, Kamis (6/12/2018). 

Reporter : Benni Indo | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, MALANGPemerintah Kabupaten Malang memastikan tidak ada kelangkaan pupuk bersubsidi di Kabupaten Malang.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Malang, Budiar Anwar menjelaskan, yang tengah terjadi saat ini adalah adanya perubahan atau transisi mekanisme petani mendapatkan pupuk bersubsidi, yakni melalui kartu tani.

"Jadi, regulasi pupuk ini diatur oleh Pemerintah Pusat. Untuk Jatim termasuk Kabupaten Malang diberi amanah tentang data petani melalui Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani (e-RDKK),” katanya.

Sedangkan yang ditugaskan membagi Kartu Tani adalah BNI 46. Sedangkan distribusi pupuk yang mendistribusikan adalah Pupuk Indonesia Holding Company.

"Ini bukan kelangkaan, masalahnya belum semua petani memahami secara menyeluruh bagaimana alur penyaluran pupuk bersubsidi menggunakan Kartu Tani,” katanya, Jumat (2/4/2021).

Baca juga: Kartu Petani Bangkit Bakal Permudah Petani Dapatkan Pupuk Bersubsidi

Baca juga: Densus Amankan Terduga Teroris di Tuban

Baca juga: Melenceng Dari Target, Pembangunan Kereta Gantung Kota Batu Direncanakan 2022

Di samping itu, ia juga menegaskan penyaluran pupuk bersubsidi jelang musim tanam April-Mei 2021 berjalan dengan baik.

"Kabupaten Malang tidak ada gejolak selama ini. Kami hanya menunggu proses masa panen saja, hal ini berkaitan dengan cuaca atau intensitas hujan yang tinggi,” kata Budiar kepada TribunJatim.com.

Menurutnya, penyerapan pupuk subsidi secara umum di Kabupaten Malang berjalan dengan baik. Belum ada laporan mengenai adanya kelangkaan atau kekurangan ke Pemkab Malang.

Sejak awal 2021, Pemkab Malang telah membentuk tim yang bertugas mengawasi distribusi pupuk. Terutama saat diberlakukannya PPKM Mikro. Dijelaskan Budiar, tim tersebut terdiri atas perwakilan eksekutif dan legislatif.

Sejauh ini, belum ada penindakan terhadap pihak-pihak yang ditengarai menimbun pupuk di Kabupaten Malang. Sejalan dengan kondisi itu, Budiar memastikan pupuk bersubsidi bisa diperoleh petani seluruh Kabupaten Malang. Kabupaten Malang adalah salah satu lumbung pangan yang ada di Provinsi Jawa Timur .

Berita tentang Pupuk Bersubsidi

Penulis: Benni Indo
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved