Breaking News:

Berita Situbondo

Libur Pesantren, Ratusan Santri Santriwati Asal Kangean Diangkut KMP Munggiyango Hulalo

Ratusan Santri dan Santiwati Pondok Pesantren Salafi Syafi'iyah Sukorejo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, dipulangkan melalui Pelabuhan Jangkar

TribunJatim.com/ Izi Hartono
Ratusan santri dan santiwati Pondok Pesantren Salafi di Situbondo dipulangkan ke Kangean saat liburan 

Reporter: Izi Hartono | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM.SITUBONDO- Ratusan santri dan santiwati Pondok Pesantren Salafi Syafi'iyah Sukorejo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, dipulangkan melalui Pelabuhan Jangkar, Sabtu ( 03/04/2021).

Para santri santri yang dipulangkan ke rumahnya masing masing di kepulauan Kangean, Kabupaten Sumenep, Madura, tersebut, dengan menggunakan KMP Munggiyango Hulalo.

Salah seorang pengurus IKSASS, Zeiniyeh mengatakan, proses kepulangan santri dan santriwati sama dengan tahun sebelumnya, karena dari pihak pelayaran hanya mengakomodir para santri dan tidak tercampur dengan penumpang yang lain.

Baca juga: Keluarga Tolak Terduga Teroris di Surabaya Dianggap Kelompok Berbahaya, Istri Tanyakan Kata Radikal

"Kita sudah berkomunikasi dengan pihak menejer, sehingga mengetahui secara langsung proses kepulangan santri," ujar mantan ketua DPRD Situbondo ini.

Politisi PPP ini menjelaskan, untuk kepulangan santri berikutnya masih dikoordinasikan dengan pemgasuh, karena rapit antibody bukan penentu covid dan kemungkinan menggunakan rapid antigen.

"Karena menggunakan rapid antigen bagaimana tidak tercampur dengan penumpang yang tidak melakukan rapit antigen," kata wanita yang juga anggota komisi IV DPRD Propinsi Jawa Timur

Tak hanya itu, Zeiniye, juga mengucapkan terima kasih kepada pihak General Manager ASDP Cabang Surabaya dan pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Panarukan, Kabupaten Situbondo yang sudah memfasilitasi kepulangan santri ke Pulau Kangean menaiki kapal laut KMP Munggiyango Hulalo.

Lebih lanjut, Zeiniye mengatakan, dirinya mempunyai kewajiban untuk mengawal dan memantau secara langsung kepulangan santri Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo ke Pulau Kangean.

"Sebagai alumni pompes maupun sebagai anggoto DPRD Provinsi Jawa Timur, saya mempunyai kewajiban mengawasi atau memantau kepulangan 450 santri ke Pulau Kangean,” katanya.

Sementara itu, Anis Adinizam General Manager ASDP Surabaya mengatakan bahwa, dalam pelayaran mengangkut santri ini, mengutamakan keselamatan pelayaran dan tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

"Saat berlayar, kru kapal KMP Munggiyango Hulalo akan terus mengingatkan para santri patuh dengan protokol kesehatan. Selain itu, kita juga menyediakan kelengkapan berlayar sesuai dengan keselamatan berlayar,” ujar Anis Adinizam.

Untuk kru kapal laut KMP Munggiyango Hulalo, menurut Anis Adinizam, secara rutin telah melakukan rapid antigen, sehingga kru kapal semuanya dalam keadaan fit dan bisa memberikan pelayanan untuk santri yang menggunakan jasa kapal laut ini.

"Setiap satu minggu sekali seluruh kru kapal dilakukan rapid antigen, sehingga kondisi fit,” pungkasnya. (Surya/izi) 

Kumpulan berita Situbondo terkini

Penulis: Izi Hartono
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved