Breaking News:

Berita Lamongan

Anak Bengawan Solo, Sungai Sengguling di Gampangsejati Jebol Tenggelamkan 25 Hektare Lahan Pertanian

Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur  Lamongan Jawa Timur beberapa hari sebelumnya mangakibatkan  jebolnya tanggul anak sungai Bengawan Solo

TribunJatim.com/ Hanif Manshuri
Kondisi anak sungai Bengawan Solo di Lamongan 

Reporter: Hanif Manshuri | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN  - Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur  Lamongan Jawa Timur beberapa hari sebelumnya mangakibatkan  jebolnya tanggul anak sungai Bengawan Solo yakni, Sungai Sengguling di Desa Gampang sejati Kecamatan Laren.

Ada tiga titik tanggul yang jebol,  yaitu sepanjang 8 meter, 6 meter dan 4 meter. Jebolnya tanggul tersebut, kata Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan Muslimin pada wartawan, Minggu (4/4/2021) juga mengakibatkan terputusnya akses jalan sepanjang 150 meter dan menenggelamkan lahan pertanian seluas 25 hektare. " Sungai Sengguling  adalah anak sungai Bengawan Solo ada di wilayah Desa Gampang sejati Laren," kata  Muslimin.

Selain akses jalan sepanjang 150 meter, merendam lahan pertanian seluas 25 hektare, 15 hektare diantaranya  tanaman masih berumur 15 hari. " Ada juga  10 hektare siap panen," kata Muslimin.

Baca juga: Tiga Anak Kandung Agung Dibawa Paksa Belasan Orang Bertubuh Kekar, Buntut Viralnya Kematian AP

Namun saat ini, kata Muslimin,   air  sudah mulai surut. Sementara jalan yang terendam banjir,  tinggal 50 meter.
Kepala Desa Gampangsejati, Suharto menambahkan, insiden jebolnya tanggu Sungai Sengguling saat hujan deras mengguyur Lamongan. " Alhamdulillah, banjir yang merendam lahan pertanian warga kini sudah berangsur - angsur surut, " katanya.

Ia berharap, segera ada penanganan tanggul yang jebol. Selain pihak desa, pemerintah daerah juga turut mengatasinya.  (Hanif Manshuri)

Kumpulan berita Lamongan terkini

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved