Berita Kota Madiun

Benda Mencurigakan di Terminal Purbaya Madiun Bukan Bom, Ini Isinya Kata Kapolres

Tim Penjinak Bom dari Polda Jatim, akhirnya tiba di Terminal Purbaya, Kota Madiun, Sabtu (3/4/2021) sekitar pukul 21.30 WIB.

Penulis: Rahadian Bagus | Editor: Yoni Iskandar
(Surya/Rahadian bagus)
Seorang petugas dari Tim Jibom mengenakan baju body armour sedang mengevakuasi benda mencurigakan di Terminal Purbaya Kota Madiun, Sabtu (3/4/2021) malam. 

Reporter : Rahadian Bagus | Penulis : Yoni iskandar

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Tim Penjinak Bom dari Polda Jatim, akhirnya tiba di Terminal Purbaya, Kota Madiun, Sabtu (3/4/2021) sekitar pukul 21.30 WIB.

Kedatagan Tim Jibom ke Terminal Purbaya, Kota Madiun untuk mengevakuasi benda mencurigakan yang tergeletak di kursi peron.

Setelah melakukan persiapan sekitar 45 menit, Tim Jibom mengevakuasi benda mencurigakan berbentuk kardus yang diikat tali rafia hitam.

Setelah dilakukan pemeriksaan menggunakan x-ray, petugas yang menggenakan body armour mengamankan benda mencurigakan tersebut.

"Jadi tadi, kurang lebih 45 menit persiapan dari tim Jibom Polda Jatim, kemudian melakukan pemeriksaan barang yang mencurigakan tadi, dilakukan X-ray, kemdian dicek, dari operator satu dan operator dua menyampaikan bahwa kardus atau benda yang mencurigakan tadi bukan rangkaian bom. Jadi sudah dinyatakan aman, namun untuk tahapan lebih lanjut akan dipastikan oleh Tim Jibom, akan ngecek apa itu isinya," kata Kapolres Madiun Kota, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan, saat ditemui di lokasi, Sabtu (3/4/2021) malam.

AKBP Dewa Putu Eka Darmawan menuturkan, darii hasil x-ray, di dalam benda mencurigakan tersebut terdapat tiga tumpukan. Namun, pihaknya belum mengetahui secara pasti isi di dalam kardus tersebut.

"Yang jelas, sudah dipastikan aman. Sudah dilakukan x-ray dari kedua sisi, dan tidak ada rangkaian bom atau sejenisnya. Kalau dari hasil x-ray itu ada tiga tumpukan, tiga lapis, tapi kami belum tahu isi dalamnya," jelasnya.

Ia menambahkan, selanjutnya Tim Jibom akan membawa benda tersebut ke tempat yang lebih aman untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Nanti dari Jibom yang akan mengurai isi di dalamnya," terangnya kepada TribunJatim.com.

Baca juga: Ada Benda Mencurigakan di Terminal Purbaya Madiun, Bus dan Penumpang Dialihkan di Depan Terminal

Baca juga: Melihat Polisi Muslim Puasa Sunnah dan Salat Tepat Waktu, Eks Komandan JI Asia Tenggara Tobat

Baca juga: Hendak Masuk Dapur, Wanita di Tuban Kaget Bukan Main Lihat Kondisi Ibu, Seketika Berteriak Kencang

Diberitakan sebelumnya, sebuah benda mencurigakan, dilaporkan oleh pengelola Terminal Purbaya, Kota Madiun ke Polres Madiun, Sabtu ( 3/4/2021) sore.

Benda mencurigakan berbentuk kardus yang diikat tali rafia hitam. Benda tersebut diletakan di kursi ruang tunggu penumpang, sejak pukul 14.00 WIB.

"Jadi tadi sore dari pengelola terminal melaporkan ada benda mencurigakan yang berada di tempat duduk peron. Karena tidak ada yang mengambil sejak tadi siang sekitar pukul 14.00, akhirnya dilaporkan oleh pihak pengelola terminal," kata Kapolres Madiun Kota, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan, saat ditemui di lokasi, Sabtu (3/4/2021) malam.

Ia menuturkan, saat ini Polres Madiun sudah berkoordinasi dengan Brimob Polda Detasemen C Pelopor Jawa Timur untuk mengamankan lokasi. Pihaknya juga sudah memasang police line dengan radius sekitar 100 meter, dari lokasi benda mencurigakan.

"Sejak sore kami sudah pasang parameter, 100 meter, tidak boleh masuk. Untuk sementara turun naik bus dipindah ke depan terminal," jelasnya.

Dewa menambahkan, belum diketahui isi dari benda mencurigakan tersebut. Namun, demi keamanan, pihaknya melakukan sterilisasi dan memasang parameter sesuai dengan SOP.

"Itu belum pasti apakah bom atau bukan, tapi barang mencurigkan. Barang mencurigakan kalau kita tidak berlakukan SOP kita salah," imbuhnya.

Saat ini, pihak Polres Madiun masih menunggu Tim Jibom Polda Jatim untuk mengevakuasi benda mencurigakan tersebut.

Berita tentang Tim Penjinak Bom

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved