Breaking News:

Berita Kediri

Detik-detik Bangunan Tempat Kentongan di Kediri Longsor Diterjang Banjir Viral di Medsos

Video detik - detik bangunan tempat kentongan longsor diterjang banjir di Dusun  Kalibago, Desa Kalipang, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri viral di

Detik-detik Bangunan Tempat Kentongan di Kediri Longsor Diterjang Banjir Viral di Medsos
Istimewa/TribunJatim.com
Video detik - detik bangunan tempat kentongan di Kediri longsor

Reporter: Didik Mashudi | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Video detik - detik bangunan tempat kentongan longsor diterjang banjir di Dusun  Kalibago, Desa Kalipang, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri viral di media sosial, Minggu (4/4/2021).

Longsornya bangunan tempat menyimpan kentongan ini sempat direkam salah satu warga yang menyaksikan.
Kejadian itu diawali hujan deras di kawasan Lereng Gunung Wilis. Akibatnya aliran sungai yang melintas di Desa Kalirong menjadi meluap berwarna kecoklatan.

Longsornya tempat bangunan menyimpan dua kentongan milik Dusun Kalibago bermula dari hujan deras yang mengakibatkan plengsengan sungai  longsor. 

Baca juga: Keluarga Tolak Terduga Teroris di Surabaya Dianggap Kelompok Berbahaya, Istri Tanyakan Kata Radikal

Keberadaan bangunan tempat menyimpan kentongan sendiri hanya terpaut sekitar 2 meter dari sungai yang mengalir deras.

Aliran deras sungai ini kemudian menggerus plengsengan sepanjang 30 meter di dekatnya kemudian ambrol.

Tidak lama kemudian setelah plengsengan yang ambrol, disusul bangunan tempat menyimpan kentongan yang tergerus air deras.

Tidak berapa lama kemudian, bangunan tempat menyimpan kentongan berikut kentongannya ikut ambrol terbawa arus deras sungai yang berwarna kecoklatan.
Kades Kalipang Antonius Supratikno saat dikonfirmasi awak media membenarkan, pos tempat menyimpan kentongan yang ambruk ada di desanya. "Kentongannya milik dusun," jelasnya. 

Setelah bangunan ambruk diterjang banjir, kedua kentongan yang sempat terbawa arus deras telah diketemukan. "Kentongan sudah dibawa lagi ke Balai Dusun Kalibago," jelasnya.

Saat detik-detik ambrolnya plengsengan, perekam sempat menyampaikan bangunan akan ambruk. "Wis ambruk, wis ambruk, entek wis," ungkapnya.

Malahan warga yang merekam sempat mengemukakan ada salah satu warga yang bermimpi kentongannya pindah. Ternyata benar bangunan tempat menyimpan kentongan ambruk diterjang banjir.

Tahun lalu, bangunan plengsengan di lokasi yang sama juga pernah ambrol akibat diterjang banjir. Namun ambrolnya plengsengan tidak sampai merobohkan pos tempat menyimpan kentongan.

Setelah diperbaiki dengan dipasang bronjong kawat kejadian yang sama terulang kembali tahun ini. Malahan kali ini tempat menyimpan kentongan menjadi korbannya ikut ambrol terbawa arus sungai yang deras.(didik mashudi)

Kumpulan berita Kediri terkini

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved