Breaking News:

Ini Upaya Pemkot Malang Tuntaskan Masalah Banjir, Wali Kota Sutiaji: Program Sumur Injeksi

Persoalan banjir masih menjadi momok yang belum berhasil dituntaskan oleh Pemerintah Kota Malang.

TRIBUNJATIM.COM/RIFKI EDGAR
Wali Kota Malang, Sutiaji bersama konsultan proyek, Alif Riwidya saat meninjau proyek pembangunan Kayutangan Heritage Kota Malang seusai dilanda banjir, Sabtu (26/12/2020). 

Reporter : Kukuh Kurniawan I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, MALANG -  Persoalan banjir masih menjadi momok yang belum berhasil dituntaskan oleh Pemerintah Kota Malang. Oleh karena itu, persoalan tersebut menjadi prioritas Pemkot Malang di tahun 2021.

Pemkot Malang pun harus dituntut untuk bergerak cepat. Apalagi cuaca ekstrim seperti hujan lebat disertai angin kencang, masih dapat terjadi kapan saja.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, upaya mengatasi persoalan banjir kini terus digalakkan.

"Salah satunya dengan membuat program sumur injeksi. Hal itu telah diajukan, agar setiap kelurahan setidaknya memiliki 10 sumur injeksi. Dengan program sumur injeksi, diharapkan mampu mengatasi banjir dan genangan yang terjadi," ujarnya kepada TribunJatim.com, Minggu (4/4/2021).

Selain itu, Satgas Gerakan Angkat Sampah dan Sedimen (GASS) yang telah diluncurkan Pemkot Malang pada tahun lalu, akan terus diperkuat.

"Gerakan ini perlu dikuatkan kembali. Karena berperan penting dalam membersihkan gorong-gorong, dalam upaya mencegah terjadinya sumbatan aliran air," jelasnya.

Tidak hanya itu, perihal pohon tumbang juga menjadi perhatian Pemkot Malang.

Dimana untuk mengantisipasi kejadian pohon tumbang, Pemkot Malang akan melakukan deteksi terhadap kondisi pohon.

"Agar tidak terjadi peristiwa pohon tumbang, penting untuk dilakukan deteksi kondisi pohon. Melalui deteksi itu bisa dipetakan, mana saja pohon yang sekiranya sudah berumur dan terlihat keropos. Sehingga bisa segera dilakukan penebangan, agar kejadian pohon tumbang saat angin kencang dan hujan deras tidak terjadi kembali," pungkasnya.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved