Breaking News:

Berita Trenggalek

Pantau Pelaksanaan Pilkades, Bupati Trenggalek Pastikan Penerapan Protokol di TPS

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin bersama jajaran Forkopimda mengecek pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di beberapa tempat pemungutan

Surya/Aflahul Abidin
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin saat meninjau pelaksanaan Pilkades di TPS 3 Desa Nlongsor, Kecamatan Tugu, Sabtu (4/2/2021). 

Reporter : Aflahul Abidin | Editor Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin bersama jajaran Forkopimda mengecek pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di beberapa tempat pemungutan suara (TPS), Kamis (3/4/2021).

Di Kabupaten Trenggalek Pilkades serentak digelar di 15 desa yang tersebar di 7 kecamatan. Dalam pelaksanaannya, pencoblosan untuk Pilkades digelar di 142 TPS.

Bupati yang akrab disapa Mas Ipin itu mengatakan, peninjauan dilakukan untuk mengecek keamanan pelaksanaan pemilihan dan penerapan protokol kesehatan (prokes) untuk meminimalisir penularan Covid-19.

“Alhamdulillah, semua sudah terselenggara dengan baik sampai saat ini. Kami berharap, dari 142 TPS bisa berjalan lancar sesuai tahapan,” kata dia, saat meninjau TPS 3 Desa Nglongsor, Kecamatan Tugu kepada TribunJatim.com.

Mas Ipin mengapresiasi penyiapan prokes di TPS itu. Di sana, panitia mengecek suhu tubuh para pemilih sebelum masuk ke area TPS.

Mereka juga mewajibkan calon pemilih mencuci tangan dan memakaikan sarung tangan plastik sekali pakai.

Baca juga: Calon Jamaah Haji Kota Malang Jalani Vaksinasi Covid-19

Baca juga: Ngopi Asyik di JCC Desa Wisata Kemiri Jember

Baca juga: BERITA TERPOPULER JATIM: 3 Anak Kandung Agung Dibawa Paksa Pria Kekar hingga 7 Bioskop Surabaya Buka

Panitia juga memberi jadwal kedatangan yang berbeda-beda kepada calon pemilih. Hal ini bertujuan agar tak terjadi penumpukan orang di TPS.

“Jadi di sini cukup, ya. Karena perlindungannya sudah dobel,” ungkapnya.

Berdasarkan data yang Mas Ipin terima, kedatangan pemilih ke TPS-TPS yang menggelar Pilkades sudah menyentuh angka 60 persen hingga sekitar pukul 10.00 WIB.

“Kemungkinan besar nanti setelah Duhur sudah selesai proses perhitungan suara. Nanti kami akan telur kawal agar tetap aman. Khususnya aman dari Covid dan dari konflik sosial,” sambungnya.

Politisi PDI Perjuangan itu berharap, pelaksanaan Pilkades tak membentuk klaster penularan Covid-19. Ia juga berharap, kepala desa yang terpilih amanah dan dicintai rakyat.

“Karena kades nanti kebanyakan tugasnya melakukan social engineering di masyarakat. Bagimana mengubah perilaku, menyemangati rakyat untuk gotong royong. Kalau tidak ada dukungan dan kecintaan dari rakyat yang paripurna, tentu susah bagi kades untuk menyelenggarakan pemerintahan,” sambung dia.

Terakhir, Mas Ipin berpesan kepada siapapun kades yang terpilih nanti agar bersinergi dalam mewujudkan visi-misi Kabupaten Trenggalek, pemerintah provinsi, dan pusat.

Berita tentang   Pemilihan Kepala Desa

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved