Breaking News:

Berita Surabaya

PPDB 2021 di Surabaya Dimulai Juni, Kuota Zonasi 50 Persen, Dewan Sebut Tak Ada Lagi Sekolah Favorit

Pendaftaran peserta didik baru (PPDB) 2021 diperkirakan akan digelar Mei atau paling akhir pertengahan Juni. Saat ini, jadwal PPDB itu masih disusun.

TRIBUNJATIM.COM/NURUL AINI
Khusnul Khotimah, anggota komisi D DPRD Surabaya 

Reporter: Nuraini Faiq | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 diperkirakan akan digelar Mei atau paling akhir pertengahan Juni. Saat ini, jadwal PPDB itu masih disusun. Termasuk penentuan jalur. 

Ketua Komisi D DPRD Kota Surabaya Khusnul Khotimah menyampaikan bahwa dirinya sudah menggelar rapat bersama Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya terkait pelaksanaan PPDB tahun ini. 

"Untuk sementara tidak ada yang berubah baik formula maupun skema PPDB tahun ini dengan PPDB tahun lalu. Baik Prosentase di setiap jalur," kata Khusnul, Minggu (4/4/2021).

Baca juga: Keluarga Tolak Terduga Teroris di Surabaya Dianggap Kelompok Berbahaya, Istri Tanyakan Kata Radikal

Belum lama ini, Komisi D telah menggelar rapat koordinasi terkait pelaksanan PPDB di tengah pandemi. Semua pendaftaran secara online. Web PPDB Kota Surabaya juga nanti akan dilaunching. 

Saat ini, orang tua wali murid tengah menunggu pembukaan pendaftaran PPDB. Baik untuk lulusan TK masuk SD maupun lulusan SD masuk SMP. Sekolah-sekolah yang difavoritkan warga akan tetap menjadi incaran warga. 

Namun Khusnul menyebut bahwa saat ini tak ada lagi sekolah favorit maupun bukan favorit. Semua berkesempatan menikmati layanan pendidikan yang sama. Hanya saja memang dibatasi kuota.

"Pertemuan awal bersama Dindik sementara disampaikan bahwa kuota PPDB tahun ini sesuai jalur. Skema dan formulanya masih menunggu Perwali baru," kata Khusnul.

Meski demikian, Khusnul menyampaikan bahwa formula, teknis, hingga kuota PPDB tahun ini tidak berubah dari tahu lalu. Sama seperti tahun lalu situasinya juga pandemi. 

Pendaftaran PPDB di Surabaya baik jenjang SDN maupun SMPN akan serentak dimulai pendaftarannya sekitar Juni 2021. Ada empat jalur yang bisa diperebutkan dalam PPDB.

Pendaftaran di setiap dalam waktu yang tidak sama. Diawali dengan jalur pindah tugas orang tua dengan kuota 5 persen. Kemudian Jalur Zonasi umum 50 persen.

Selain itu ada juga Jalur Prestasi 30 persen, dan Jalur Afirmasi (Mitra Warga dari keluarga berpenghasilan rendah dan Inklusi) 15 persen. (Faiq) 

Kumpulan berita Surabaya terkini

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved