Breaking News:

Berita Lamongan

Upaya Gubernur Jatim Bantu Petani, Pemprov Jatim Gandeng Baznas untuk Penyerapan Beras

Agar ada penyerapan gabah diluar Bulog, Pemrov Jatim mencari terobosan menggandeng Baznas Jatim dan dipastikan akan ada penyerapan

TribunJatim.com/ Hanif Manshuri
Gubernur Khofifah saat kunjungi Lamongan 

Reporter: Hanif Manshuri | Editor: Januar AS          

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Lamongan merupakan kabupaten dengan produksi gabah tertinggi dari  di Jawa Timur. 

Agar ada penyerapan gabah diluar Bulog, Pemrov Jatim mencari terobosan menggandeng Baznas Jatim dan dipastikan akan ada penyerapan.

"Kita  mengkoordinasikan untuk bisa membantu penyerapan di luar   Bulog. Jadi Pemprov bersama Baznas Propinsi Jawa Timur, mulai hari ini akan menyerap beras yang di penggilingan-penggilingan terutama milik Gapoktan supaya harga segera stabil.” ungkap Gubernur Jatim,  Khofifah Indar Parawansa dalam kunjungannya  di  Lamongan di salah satu titik penggilingan padi milik Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan ) Mawar di Desa Puter Kecamatan Kembangbahu, Minggu (4/4/2021).

Menjelang bulan Ramadhan ini masyarakat harus merasa aman, bahwa sembako aman stock nya dan harganya stabil. 

KabupatenLamongan adalah penghasil beras terbesar di Jawa Timur, menurut data Kabupaten Lamongan Dalam Angka tahun 2020, produksi padi Lamongan sebesar 1.173 juta ton Gabah Kering Giling (GKG) atau setara 753 ton beras. Sehingga tahun 2020 lalu, Kabupaten Lamongan surplus beras sebesar 564 ton.

Diawal musim panen akhir Pebruari hingga minggu kedua Maret, harga jual gabah di Kabupaten Lamongan sempat mengalami koreksi dari Harga Pokok Penjualan (HPP) yang ditetapkan, hal ini disebabkan oleh curah hujan yang tinggi sehingga berpengaruh terhadap rendemen. 

Selain itu adanya wacana impor beras oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Perdagangan juga ikut mempengaruhi harga di tingkat petani.

"Saya di sini ingin memastikan ada beras yang dibeli dengan harga di bawah HPP. Karena di bawah standarnya Bulog, " kata Kofifah.

Testimoni para kelompok tani atau yang tergabung dalam Gapoktan  akan disampaikan ke pemerintah pusat.  Ada yang merekam,  sehingga pihaknya  bisa menyampaikan suara dari para petani dan penggilingan padi. 

Halaman
12
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved