Breaking News:

Upaya Pulihkan Ekonomi, Bupati Ipuk Gelar Hari Belanja ke Pasar dan UMKM Serentak di Banyuwangi

Untuk memulihkan ekonomi lokal, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani meluncurkan Hari Belanja Pasar Rakyat dan UMKM, Minggu (4/4/2021). 

surya/haorrahman
Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani meluncurkan Hari Belanja Pasar Rakyat dan UMKM, Minggu (4/4/2021). 

Reporter: Haorrahman I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Untuk memulihkan ekonomi lokal khususnya yang berskala mikro dan kecil, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani meluncurkan Hari Belanja Pasar Rakyat dan UMKM, Minggu (4/4/2021). 

Ribuan karyawan Pemkab Banyuwangi, BUMN, BUMD, swasta, dan berbagai elemen lainnya berbelanja menyebar ke seluruh 15 titik pasar tradisinal se-Banyuwangi dan sejumlah tempat UMKM.

Gerakan tersebut diluncurkan Bupati Ipuk di Pasar Genteng, Banyuwangi. Ipuk memborong berbagai makanan tradisional, pakaian, hingga sayur mayur.

Ipuk mengatakan, gerakan masif ini dilakukan untuk mendorong perekonomian lebih cepat bergerak. Pemkab Banyuwangi melibatkan ASN, BUMN, BUMD, dan swasta untuk bergerak bersama membeli berbagai barang di pasar tradisional dan UMKM.

"Hari ini ribuan orang yang tergabung dalam gerakan ini tersebar ke seluruh pasar tradisional. Mereka juga ada yang belanja di pasar-pasar kecil dekat rumahnya, juga ada yang berbelanja ke UMKM-UMKM se-Banyuwangi,” kata Ipuk.

Ipuk menjelaskan, gerakan ini adalah bagian dari program pemulihan ekonomi arus bawah. Dia menyebut ada tiga langkah yang ditempuh bersamaan.

Pertama, pemberdayaan yang dilakukan melalui sertifikasi, mentoring, dan sebagainya.

Kedua, fokus pada penjualan dengan melibatkan seluruh UMKM pada kegiatan Banyuwangi Festival dan peluncuran gerakan belanja ke pasar dan UMKM.

Ketiga, menjembatani akses permodalan melalui kerja sama dengan perbankan dan lembaga nonbank.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved