Breaking News:

Cerita Unik Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Jadi Pejabat Nyentrik, Doyan Nongkrong hingga Cah Ndalan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terkenal sebagai diantara pejabat dengan gaya khasnya yang sederhana.

Surya/Saiful
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (masker orange) saat berkunjung ke kantor TribunJatim Network dan Harian Surya di Surabaya, Minggu (4/4/2021) malam. 

Reporter : Yusron Naufal Putra I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terkenal sebagai pejabat dengan gaya khasnya yang sederhana.

Bahkan, Ganjar dikenal juga sebagai pejabat yang gemar bermedsos. Cara nyentrik itulah semakin membuat Ganjar banyak dikenal luas sebagai tokoh. 

Hal yang sama ia tunjukkan saat dirinya berkunjung ke Kantor TribunJatim Network dan Harian Surya di Surabaya, Minggu (4/4/2021) malam. Ganjar datang nyaris tanpa pengawalan yang ketat.

"Wong saya sebelum jadi pejabat itu cah ndalan. Waktu mahasiswa ya demo. Terus nongkrong. Sampai sekarang nongkrong, itu hobi," kata Ganjar saat berbincang santai disela kunjungannya itu.

Ganjar mengatakan dirinya sudah terbiasa dengan cara seperti itu. Menemui masyarakat tanpa membuat canggung yang ditemui. Hal itu menurutnya, sudah menjadi kebiasaan.

"Saya itu tidak mau tercerabut dari akar saya. Saya membiasakan seperti itu," ujarnya. 

Kebiasaan untuk membuat masyarakat nyaman itu, ia juga tularkan pada seluruh pejabat di lingkungannya.

Di antaranya, Ganjar mengatakan dia meminta agar para OPD untuk juga bermedsos. Sebab, sebagai pejabat harus bermental kuat. 

Apalagi, Ganjar mengaku pihaknya ingin pola birokrasi yang ruwet harus terus dihilangkan. 

"Akhirnya kan follower mengikuti leader. Maka, Alhamdulillah kawan-kawan di birokrasi mau mengikuti gaya saya sudah tidak formal," ungkapnya. 

Pemahaman seperti itu, disebut perlu terus ditanamkan. Dia bersyukur pola yang ia jalankan itu saat ini sudah banyak diikuti oleh jajarannya. 

"Saya tulis di bio, tuanku rakyat, jabatan cuma mandat. Karena, kita terbatas kan. Pola birokrasinya kira-kira begitu biar jalan," tambah Ganjar.

Penulis: Yusron Naufal Putra
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved