Breaking News:

Anggaran KPU Batu Digeser pada PAK 2021

Akibat digesernya jadwal pemilihan umum pada 2024 mendatang, anggaran KPU Batu sebanyak Rp 7 miliar akan digeser pada PAK 2021 ini.

dokumen pribadi
Ketua Komisi A DPRD Kota Batu, Dewi Kartika. 

Reporter : Benni Indo | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, BATU - Akibat digesernya jadwal pemilihan umum pada 2024 mendatang, anggaran KPU Batu sebanyak Rp 7 miliar akan digeser pada PAK 2021 ini.

Ketua Komisi A DPRD Kota Batu, Dewi Kartika mengatakan, anggaran yang telah dituangkan dalam pos APBD itu, akan digeser mengacu pada dibatalkannya revisi UU pemilu masuk dalam prolegnas prioritas 2021.

"Karena tidak jadi diselenggarakan 2022, nanti akan kami geser lagi saat perubahan anggaran keuangan (PAK) APBD 2021," terangnya.

Kartika menjelaskan, anggaran penyelenggaraan pemilu tersebut, pengucurannya dialokasikan di Bakesbangpol karena sifatnya dana hibah. Mekanismenya penyaluran akan dilakukan setelah KPU mengajukan naskah perjanjian hibah daerah (NHPD).

Kartika menyampaikan, KPU meminta agar pergeseran persiapan dana penyelenggaraan pemilu itu digeser untuk perbaikan kantor KPU. Mengingat saat ini, KPU Batu baru saja berpindah ke kantor baru di Jl Sultan Agung.

"KPU mengusulkan anggaran tersebut bisa digeser untuk perbaikan kantor KPU. Nantinya akan kami koordinasikan dengan banggar dan timgar sesuai peraturan perundangan yang berlaku," imbuh Dewi Kartika kepada TribunJatim.com.

Baca juga: Bocah SD Ngadu ke Bibi Suka Dicium Ayah Tiri, Ternyata Sering Diperkosa, Pelaku Dikeroyok Keluarga

Baca juga: Istri Nakal Selingkuh dengan 4 Pria, Main sampai 75 Kali, Suami Terpukul Lihat Laptop, Akhir Miris

Baca juga: Anggota Dewan Sentil AMDK Milik Keluarga Bupati Jadi Suguhan Rapat Paripurna

Revisi UU pemilu dicabut dari daftar prolegnas 2021 sehingga Pemilu 2022 ditiadakan. Pelaksanaan pilkada serentak kembali pada rencana awal yakni tahun 2024.

Wacana normalisasi sempat bergulir beberapa waktu lalu sehingga KPU Batu mempersiapkan diri untuk mengalokasikan anggaran. Sehingga KPU berkonsultasi dengan eksekutif dan legislatif, untuk memasukkan anggaran persiapan pilkada 2022 pada APBD 2021.

KPU Kota Batu menghitung rencana anggaran biaya (RAB) awal senilai Rp 30,5 miliar. Angka itu berdasarkan perhitungan pelaksanaan pemilu di masa pandemi. Dari nilai keseluruhan itu, nilai yang diakomodir senilai Rp 7 miliar pada pos anggaran APBD Kota Batu 2021.

Berita tentang KPU Batu

Penulis: Benni Indo
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved