Breaking News:

Berita Madura

Waspada Cuaca Ekstrem di Kabupaten Bangkalan, Sepekan Kedepan Berpotensi Hujan Sedang hingga Deras

Kepala BPDB Rizal Morris minta masyarakat Kabupaten Bangkalan waspadai cuaca ekstrem. Sepekan kedepan disebut berpotensi hujan sedang hingga deras.

TRIBUNJATIM.COM/AHMAD FAISOL
Hujan deras disertai angin kencang menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Bangkalan sejak pukul 12.30 WIB, Selasa (6/4/2021). Seperti halnya di Jalan RE Martadinata, Kelurahan Mlajah. 

Reporter: Ahmad Faisol | Editor: Heftys Suud

TRIBUNJATIM.COM, BANGKALAN – Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Bangkalan, termasuk di Kecamatan Kota.

Hal itu salah satunya terjadi di kawasan Jalan RE Martadinata mulai pukul 12.30 WIB pada Selasa (6/4/2021).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan, Rizal Morris mengimbau masyarakat Bangkalan untuk mewaspadai potensi hujang intensitas sedang hingga deras yang diprediksi akan terjadi hingga sepekan ke depan.

Baca juga: Dalang Penghancur Rumah Tangga Hotma-Desiree Pengusaha Lain? Ayah Tiri Bams Tak Kuat: Fotonya Jelas

Baca juga: Jeritan Aurel Hermansyah di Malam Pertama Diajak Masuk Atta Halilintar, Heboh Lihat di Kasur: Ungu

Imbauan itu disampaikan Rizal berdasarkan rilis Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, I Wayan Mustika tertanggal 6 April 2021 yang diterima BPBD Kabupaten Bangkalan. Dalam rilis disebutkan tentang peningkatan curah hujan sepekan ke depan di Jawa Timur (Jatim), termasuk di Kabupaten Bangkalan.

“Kondisi atmosfer terkini terpantau beberapa gangguan atmosfer yang menyebabkan adanya potensi peningkatan intensitas curah hujan di Jatim. Sehingga perlu diwaspadai cuaca ekstrim berpotensi terjadi,” ungkap Rizal, Selasa (6/4/2021).

Ia menjelaskan, gangguan pada atmosfer yang menyebabkan berpotensi meningkatnya intensitas hujan juga diakibatkan aktifnya pola tekanan rendah dan siklon tropis seroja di selatan Indonesia.

Sehingga terbentuk palung tekanan rendah memanjang dari barat ke timur yang menyebabkan terjadinya zona pertemuan angin di Jawa Timur (Jatim). 

Baca juga: Sinopsis Ikatan Cinta 6 April 2021: Andin Sudah Siuman & Baikan dengan Mama Rosa, Al Merasa Bersalah

Baca juga: 8 Zodiak Beruntung Hari Ini 6 April 2021: Virgo Fokus pada Urusan Karier, Aquarius Sangat Kompetitif

“Masyarakat Kabupaten Bangkalan perlu berhati-hati terhadap cuaca ekstrem. Baik puting beliung, hujan lebat disertai petir, hujan es, maupun dampak yang dapat ditimbulkannya. Seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, hingga pohon tumbang,” jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved