Breaking News:

Berita Gresik

Anggota Wantimpres, Habib Luthfi Harapkan Petrokimia Gresik Terus Berinovasi Untuk Ketahanan Pangan

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) RI, Dr. (H.C.) Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, mengatakan bahwa tugas Petrokimia Gresik semakin mena

Foto/Petrokimia Gresik
PERTANIAN - Seminar Nasional yang diselenggarakan Petrokimia Gresik dengan menghadirkan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) RI, Dr. (H.C.) Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, Selasa (6/4/2021). 

Reporter : Sugiyono | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) RI, Dr. (H.C.) Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, mengatakan bahwa tugas Petrokimia Gresik semakin menantang, sebab tidak hanya pada produksi pupuk bersubsidi. Tapi, juga berpikir tentang memajukan pertanian melalui produk inovasinya demi menjaga ketahanan pangan nasional, Selasa (6/4/2021).

"Petrokimia Gresik diharapkan mampu memgoptimalkan pupuk spesifik lokasi lahan pertanian, sehingga dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan menjaga ketahanan pangan nasional," kata Habib Luthfi, dalam seminar nasional bertema 'Peran Industri Pupuk dalam Mendukung Ketahanan Pangan Nasional' yang diselenggarakan Petrokimia Gresik di Gresik, dalam rilis humas Petrokimia Gresik.

Menurut Habib Luthfi mengatakan, penggunaan pupuk dengan memperhatikan lokasi tanah sangat penting. Contohnya, bibit padi yang digunakan petani sama, tapi produktivitasnya tidak akan sama apabila ditanam di wilayah yang berbeda. Sebab kondisi tanah di setiap daerah berbeda, sehingga membutuhkan perlakuan yang juga berbeda.

"Ibarat dokter, sebelum memberi resep obat, akan melihat penyakit yang dialami pasien untuk menentukan obatnya. Begitu juga dosis, bisa jadi setiap orang tidak sama,” kata Habib Luthfi menganalogikan penggunaan pupuk harus sesuai dengan spesifik lokasi tanah.

Baca juga: Bupati Gresik, Gus Yani Targetkan Guru Honorer di Gresik Terima SK Tahun ini

Baca juga: Gus Baha : Punya Istri Cerewet Ternyata Syarat Jadi Wali Allah

Baca juga: Ketua DPD RI Minta Presiden Dorong Negara G20 Adopsi Pajak Minimum Global Untuk Korporasi

Menurut Habib Luthfi, produk spesifik lokasi tanah, tidak hanya memperhatikan kondisi tanah, tapi juga tidak lepas dari potensi lain pendukung pertanian, seperti pengairan. Sebab, kandungan air dalam irigasi menjadi faktor pendukung pertumbuhan tanaman pertanian.

"Dengan demikian, tugas Petrokimia Gresik semakin menantang, sebab tidak hanya pada produksi dan penyaluran pupuk bersubsidi. Tapi, juga berpikir tentang memajukan pertanian melalui produk inovasinya," imbuhnya.

Menurutnya, upaya Petrokimia Gresik memajukan pertanian di Indonesia sebagai bentuk ikhtiar dan ungkapan rasa syukur atas rahmat yang diberikan Allah kepada umat manusia. Terlebih, pangan merupakan bagian dari pertahanan nasional.

"Kita harus mencintai pertanian, karena ini akan mendukung peningkatan perekonomian dan ketahanan pangan nasional. Jika panen kita banyak, kita tidak akan tergantung pada pertanian negara lain," katanya.

Sementara, Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo mengatakan, perusahaannya sudah memulai menawarkan produk spesifik lokasi tanah sekaligus spesifik komoditi.

Halaman
12
Penulis: Sugiyono
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved