Breaking News:

Berita Jatim

Muswil PPP, Tiga Nama Ini Punya Kans Pimpin DPW Jawa Timur, Dua Bupati Punya Peluang

Sejumlah nama terus menggelinding disebut potensial untuk menjadi Ketua DPW PPP Jawa Timur. Bahkan, dari sejumlah informasi figur yang potensial itu

istimewa
DPW PPP Jawa Timur menggelar Rapimwil V di Kantor DPW PPP Jatim, Rabu (31/3/2021). 

Reporter : Yusron Naufal Putra | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sejumlah nama terus menggelinding disebut potensial untuk menjadi Ketua DPW PPP Jawa Timur. Bahkan, dari sejumlah informasi figur yang potensial itu sudah mulai mengerucut pada beberapa nama. 

Seperti diketahui, diantara agenda dalam Muswil tersebut adalah menentukan kepengurusan partai untuk periode mendatang. Rencananya, Musyawarah Wilayah (Muswil) PPP Jawa Timur akan digelar pasca lebaran ini. 

Beberapa nama yang disebut-sebut itu adalah, Bupati Jombang Mundjidah Wahab, Ketua DPW PPP Jatim saat ini, Musyaffa Noer serta Bupati Bangkalan RA Latif Imron. Masing-masing disebut potensial dari sejumlah sumber internal. 

Baca juga: Detik-detik Menegangkan Perampok di Gresik Dipergoki Warga, Motor Pelaku Dibakar, Lihat Nasibnya

Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam mengatakan, saat ini PPP butuh tokoh yang dapat menarik magnet pemilih. Magnet tersebut harus kuat dan mengakar hingga tingkat daerah. 

"Menurut saya PPP perlu untuk membangkitkan memorabilia sekaligus meraih ceruk pemilih potensial dengan mencari tokoh yang secara simbolik bisa mencerminkan 3 ceruk pemilih potensial di Jawa timur yakni milenial, NU dan perempuan," kata Surokim, Rabu (7/4/2021). 

Jika tidak bisa memenuhi tiga kriteria tersebut, Surokim menilai setidaknya dapat memenuhi dua kriteria. Sebab, memahami kriteria itu juga penting dan potensial apalagi dengan sejarah panjang PPP

Terkait peluang nama-nama tersebut, Surokim menilai mereka memang punya kans. Misalnya, Bupati Jombang Mundjidah Wahab, memiliki simbolik yang sangat kuat. 

Kendati usianya bukan millenial, namun Bu Mun, sapaan Mundjidah nantinya dapat mengatrol PPP Jatim. Bu Mun selain sudah berpengalaman, faktor garis keturunan juga berpengaruh. Dia merupakan keturunan salah seorang pendiri NU. 

"PPP pernah punya tokoh-tokoh perempuan berlatar NU yang kuat di masa lalu. Saya pikir ini bisa dibangkitkan saat ini," lanjut Surokim. 

Halaman
12
Penulis: Yusron Naufal Putra
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved