Breaking News:

Berita Kota Malang

Malang Batik Festival 2021, Momentum Kebangkitan Ekonomi Kota Malang

Pelestarian dan pengembangan batik saat ini dilakukan Pemerintah Kota Malang dengan menggelar Malang Batik Festival 2021 di gedung Kartini Kota Malang

TRIBUNJATIM.COM/RIFKI EDGAR
Sejumlah pengunjung saat melihat kain batik dalam acara Pameran Batik Kucecwara 2020 yang digelar di Gedung DPRD Kota Malang, Senin (5/10/2020). 

Reporter : Rifki Edgar | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Pelestarian dan pengembangan batik saat ini dilakukan Pemerintah Kota Malang dengan menggelar Malang Batik Festival 2021 di Gedung Kartini Kota Malang, Rabu (7/4).

Kegiatan yang berlangsung selama 7-8 April 2021 tersebut digelar dengan tujuan memberikan ruang kreativitas bagi masyarakat kota Malang khususnya di bidang fashion, aksesoris dan kerajinan tangan.

Malang Batik Festival 2021 kini merupakan event untuk menumbuhkan kembali gairah ekonomi di sektor kerajinan, asesoris dan fashion.

Kepala Diskopindag Kota Malang, Syailendra mengatakan, dari event ini diharapkan muncul beragam model dan motif dari Batik Malangan. Karena sejauh ini batik Malangan cukup dikenal dengan motif Topeng Malangan ataupun Bunga Teratai.

Baca juga: Malang Batik Festival 2021 Perkuat Kolaborasi Desainer dan Perajin Batik

Baca juga: Bank Jatim Permudah Nasabah Bayar PBB, Kini Cukup Bayar di Retail Modern dan Marketplace

"Sebenarnya motif dari batik Malangan ini cukup banyak ya. Kami harapkan nanti dapat muncul varian baru lagi. Tidak hanya Topeng Malangan dan Bunga Teratai," ucapnya.

Sailendra berharap, Malang Batik Festival 2021 bisa menjadi momentum kebangkitan para UMKM di kota Malang agar mereka bisa kembali aktif dalam memproduksi lagi karya mereka di saat pandemi covid-19.

Kegiatan tersebut diharapkan juga dapat digelar kembali di tahun depan, agar nantinya dapat mengenalkan produk lokal Malang terutama di bidang kerajinan dan fashion.

"Event seperti ini pasti akan menumbuhkan semangat lagi dari para UMKM di bidang batik, mereka bisa produksi lagi dan semoga bisa menjadi momentum kebangkitan bagi mereka dan bisa beraktivitas kembali seperti sedia kala," tandasnya.

Berita tentang Pameran Batik

Penulis: Rifki Edgar
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved