Breaking News:

Berita Kota Malang

Peringati HUT ke-107 Kota Malang, Pemkot Malang Gelar Ruwat Nagari 2021

Kegiatan Ruwat Nagari tersebut digelar di Gedung Kesenian Gajayana. Dan dihadiri langsung oleh Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, Wakil Walikota Malang

foto/hayu prabowo
Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji menyerahkan Kayon atau Gunungan pada dalang Ki Soleh Adi Pramono dalam kegiatan Ruwat Nagari HUT Kota Malang ke-107 di Gedung Kesenian Gajayana, Kota Malang, Rabu (7/4/2021) malam 

Reporter : Kukuh Kurniawan | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Sebagai bentuk melestarikan budaya tradisional dan pentingnya memaknai keluhuran sang Pencipta di dalam kehidupan, sekaligus rangkaian peringatan HUT ke-107 Kota Malang.

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menggelar kegiatan Ruwat Nagari, Rabu (7/4/2021) malam.

Kegiatan Ruwat Nagari tersebut digelar di Gedung Kesenian Gajayana. Dan dihadiri langsung oleh Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji, Wakil Walikota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko, mantan Walikota Malang periode 1998-2003, Kol Inf (Pur) H Suyitno, dan mantan Walikota Malang periode 2003-2013, Drs. Peni Suparto M.AP.

Kegiatan Ruwat Nagari dibuka dengan penampilan Tari Ritual Topeng. Lalu berlanjut dengan penampilan wayang kulit lakon Sudamala, dengan dalang Ki Soleh Adi Pramono.

Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Malang, Suwarjana menjelaskan maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan Ruwat Nagari 2021 tersebut.

Baca juga: Oknum Dosen PTN di Jember Cabuli Keponakannya, Modus Terapi Kanker Payudara, Korban: Tolong, Ma!

Baca juga: Ika Putri Dari Menyanyi Beralih Kelola Bisnis Mall dan Hotel

Baca juga: Hasil Liga Champions - Hajar FC Porto, Satu Kaki Chelsea di Semifinal

"Maksud digelarnya kegiatan ini adalah sebagai upaya meningkatkan ketahanan budaya di tengah peradaban dunia, melalui perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan budaya tradisional lokal. Sedangkan untuk tujuan kegiatannya sendiri, yaitu untuk mengembangkan nilai-nilai luhur budaya serta tetap melestarikan warisan budaya bangsa," ujarnya kepada TribunJatim.com.

Dirinya pun juga berharap, melalui kegiatan Ruwatan Nagari 2021 tersebut. Para generasi muda yang ada di Kota Malang, dapat ikut serta melestarikan tradisi dan budaya lokal.

"Melalui kegiatan ruwatan ini, diharapkan dapat melestarikan tradisi lokal Kota Malang yang akan diteruskan oleh para generasi muda. Sebagai pelajaran, inspirasi, serta motivasi untuk mencapai tujuan pemacuan kebudayaan di Kota Malang," tambahnya.

Sementara itu Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji mengungkapkan melalui kegiatan Ruwat Nagari 2021 ini, umat manusia khususnya masyarakat Kota Malang dapat lebih memaknai keluhuran sang Pencipta di setiap kehidupan.

"Jadi ruwatan Ruwat Nagari ini menyadarkan diri kita, bahwa sesungguhnya ada yang kuasa diatas kekuasaan kita. Ada yang hebat diatas kehebatan kita, siapa itu, Tuhan. Sehingga kita harus meminta kepada yang di Atas, supaya frekuensi pada diri kita tertata dengan baik. Agar tidak ada angkara murka yang menguasai pada diri kita," bebernya kepada TribunJatim.com.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga meminta agar kegiatan Ruwat Nagari ini dapat terus dilakukan di tahun-tahun mendatang.

"Alhamdulillah ini kami rajut dengan kepala daerah (mantan Walikota Malang), ada Pak Peni, Pak Suyitno, dan Abah Anton. Dan kami semua telah sepakat dan berkomitmen. Di ulang tahun ke 107 ini nanti mungkin akan awal, dan nanti saya minta (kegiatan Ruwat Nagari) untuk ditindaklanjuti pada tahun-tahun mendatang," pungkasnya.

Berita tentang Kota Malang

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved