Breaking News:

Ramadan 2021

Kemenag Lamongan Izinkan Gelar Jamaah Tarawih, Tapi ini Syaratnya

Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lamongan, M. Khoirul Anam memastikan masyarakat Lamongan boleh tarawih

surya/Hanif Manshuri
Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lamongan, M. Khoirul Anam. 

Reporter : Hanif Manshuri | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Lima hari lagi umat Islam akan menjalani ibadah bulan Suci Ramadhan. Ada sejumlah pertanyaan yang menggelayuti para umat Islam, utamanya terkait dengan pelaksanaan jamaah salat tarawih.

Pandemi Covid-19 yang sampai sekarang masih membayangi umat sedunia menjadi persoalan yang harus dilakukan waspadai.
Terkait pelaksanaan jamaah salat tarawih, Ramadhan tahun ini ada peluang bagi umat Islam untuk jamaah salat tarawih.

Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lamongan, M. Khoirul Anam memastikan bahwa masyarakat Lamongan boleh berjamaah menunaikan salat tarawih berjamaah di masjid. Meski diperbolehkan, namun kapasitas jumlah jamaah salat tarawih tidak melebihi 50 persen.

"Kalau tahun lalu kan tidak boleh, tapi sekarang sudah bisa salat berjamaah di masjid tapi hanya 50 persen dari jumlah kapasitas masjid yang ada," kata Anam kepada Surya.co.id (Tribunjatim.com grup) Jumat (9/4/2021).

Apalagi Lamongan kini sudah zona kuning. Sehingga ada peluang luas untuk umat Islam menjalan salat jamaah tarawih.

Selain dibatasi, jamaah salat tarawih juga wajib mematuhi protokol kesehatan yang sudah dianjurkan pemerintah, seperti, menjaga jarak, tidak boleh berkerumun saat berada di dalam masjid, mencuci tangan sebelum masuk masjid dan pengecekan suhu tubuh.

"Saat ini Lamongan sudah zona kuning, tapi jaga jarak saat salat tarawih masih perlu diterapkan dan masjid juga harus dipasang tanda barisan saf salat," ungkapnya.

Setiap masjid akan dijaga beberapa petugas untuk menghalau jamaah yang berkerumun.

Tak hanya penerapan protokol kesehatan yang ketat, tamkir masjid di seluruh Lamongan juga wajib menyediakan petugas untuk menghalau jamaah yang kedapatan berkerumun terutama anak muda dan anak-anak.

Halaman
12
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved