Breaking News:

Berita Politik

Hasil Survei, PDI Perjuangan Masih Kokoh Jadi Parpol Pilihan Millenial Di Jawa Timur

PDI Perjuangan di Jawa Timur nampaknya masih kuat untuk segmentasi pemilih millenial menjelang Pemilu 2024 mendatang.

TRIBUNJATIM.COM/YUSRON NAUFAL PUTRA
Rilis hasil survei SSC bertajuk Gelagat Politik Millenial Jawa Timur, Senin (12/4/2021).  

Reporter : Yusron Naufal Putra | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYAPDI Perjuangan di Jawa Timur nampaknya masih kuat untuk segmentasi pemilih millenial menjelang Pemilu 2024 mendatang. 

Dari hasil survei yang dirilis lembaga Surabaya Survey Center (SSC) menunjukkan, kalangan milenial banyak menaruh simpati pada partai besutan Megawati Soekarnoputri tersebut.

Misalnya, untuk kategori top of mind partai politik pilihan milenial Jawa Timur, PDI Perjuangan bertengger diurutan pertama dengan persentase 22,9 persen. PDI Perjuangan persis berada diatas PKB yang berada diurutan kedua dengan persentase 9,5 persen.  

Sebagai partai yang dalam sepuluh tahun terakhir menjadi pemenang Pemilu, PDIP nampaknya masih memiliki amunisi yang kuat dalam menyambut pemilihan umum yang akan datang.

Baca juga: Kubur Bilik Disangka Sarang Ular, Wasit Temukan Keris hingga Tengkorak di Bondowoso

Peneliti senior SSC Surokim Abdussalam mengatakan hasil itu memang bukanlah sesuatu yang mengejutkan. 

“Modal mereka sebagai partai juara di sepuluh tahun terakhir memang masih sangat kuat. Sehingga, hasil yang mereka capai bisa jauh mengungguli yang berada di posisi di bawahnya,” kata Surokim Abdussalam, yang juga pengamat politik tersebut.

Sementara dari sisi elektabilitas, PDI Perjuangan juga berada diurutan atas parpol pilihan millenial Jawa Timur. Dalam hasil survei yang sama PDI Perjuangan menjadi nomor satu dengan persentase 26,7 persen. Lalu, disusul PKB dengan persentase 16,3 persen.

Hanya saja, untuk responden yang tidak menjawab atau menyatakan tidak tahu, untuk survei elektabilitas ini masih terbilang tinggi. Yaitu, ada di angka 20,5 persen. Sehingga, nampaknya masih besar untuk diperebutkan dan digarap oleh partai lainnya.

Sementara itu, Surokim mengatakan, dari data tersebut juga didapati hasil bahwa mayoritas responden memilih partai politik lantaran ketokohan pemimpin parpol. Jawaban ini didapat dari 20 persen responden.

Halaman
12
Penulis: Yusron Naufal Putra
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved