Breaking News:

Berita Bondowoso

Inovasi Bupati Bondowoso, Ubah Sebutan 'Kota Pensiun' Jadi Kampiun

Stigma "Kota Pensiun" sudah lama tersemat pada nama Kabupaten Bondowoso. Kota penghasil kopi dan produsen tape itu juga dianggap sulit berkembang.

TRIBUNJATIM.COM/DANENDRA KUSUMA
Bupati Bondowoso, Salwa Arifin, 2020. 

Reporter : Danendra kusuma | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, BONDOWOSO - Stigma "Kota Pensiun" sudah lama tersemat pada nama Kabupaten Bondowoso. Kota penghasil kopi dan produsen tape itu juga dianggap sulit berkembang.

Tak pelak, sebutan-sebutan itu membuat Bupati Bondowoso, Salwa Arifin gerah. Di bawah kepemimpinannya, Salwa telah menyiapkan gebrakan inovasi untuk mengubah Kota Pensiun jadi Kampiun.

Jargon Bondowoso Melesat (Mandiri Ekonomi, Lestari, Sejahtera, Terdepan dalam bingkai iman dan takwa) pun jadi pengobar semangat Salwa beserta jajaran dalam bertugas membangun Bondowoso. Beragama upaya lantas dilalukan.

Hasilnya, sekitar 3 tahun menahkodai Bondowoso sederet penghargaan tingkat nasional dan Jatim diraih.

Prestasi itu antara lain, Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2019 dari Kemenpan & RB, Penghargaan Kovablik 2019 Se-Jatim, Penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia 2019 dari Kemenkumham, dan Penghargaan Mengentaskan Desa Tertinggal Berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada 2020.

Sementara, capaian-capaian itu juga membuktikan bila seorang santri bisa berperan strategis dalam memajukan daerah. Diketahui, semasa mudanya Salwa menimba ilmu agama di pondok pesantren.

Baca juga: Dendam Mayangsari ke Penyebar Foto Vulgarnya, Istri Bambang Trihatmodjo Sebut Hal Gila: Kerja Sama

Baca juga: Cobaan Nathalie Holscher Puasa Pertama setelah Masuk Islam, Sule Malah Girang, Komplit, Seru Tuh!

Baca juga: Lupa Mandi Junub Membatalkan Ibadah Puasa? Begini Penjelasan Gus Wadud Dosen IAIN Jember

Berjalannya waktu, Salwa tumbuh menjadi tokoh ulama terkenal dari Bondowoso. Selain itu, Salwa merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ulum, Tangsil Wetan, Wonosari, Bondowoso.

Lalu, bagaimana sepak terjang Salwa membawa Bondowoso Melesat dan menjadi Kampiun? Simak petikan wawancara antara Bupati Bondowoso Salwa Arifin dengan Pemimpin Redaksi Tribun Jatim Network Tri Mulyono. Berikut juga dilampirkan jawaban Salwa dalam menanggulangi Covid-19 di Bondowoso.

Lokasi Bondowoso dapat dibilang kurang strategis. Namun, Bondowoso punya banyak potensi yang bisa dikembangkan. Misalnya, wisata alam. Bagaimana upaya dalam meningkatkan potensi tersebut?

Halaman
123
Penulis: Danendra Kusuma
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved