Breaking News:

Berita Jember

Bupati Jember Mendesak OPD Gerak Cepat Lakukan Program

Bupati Jember Hendy Siswanto meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD)bergerak cepat melakukan kegiatan yang sudah diprogramkan

Kominfo Pemkab Jember
Bupati Jember Hendy Siswanto (kiri) memantau input data ke SIPD oleh ASN Pemkab Jember di Pendapa Wahyawibhawagraha, Jember. 

Reporter : Sri Wahyunik | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Bupati Jember Hendy Siswanto meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bergerak cepat melakukan kegiatan yang sudah diprogramkan. Hal itu seiring telah disahkannya Peraturan Daerah (Perda) APBD Jember tahun 2021.

"Setelah disahkan oleh bupati dan DPRD, kemudian ada fasilitasi dari gubernur. Dan sudah selesai. Setelah ini, sudah bisa dipakai anggarannya," ujar Bupati Jember Hendy Siswanto kepada Surya, Rabu (14/4/2021).

Dia meminta OPD bergerak cepat melakukan kegiatan dan anggaran.

"Supaya anggaran juga cepat terserap. Daerah lain sudah mulai Januari bergerak, kita baru bulan April ini. OPD bisa segera bergerak, seperti kegiatan yang tidak perlu tender, atau tender tidak mengikat, bisa segera dilakukan," tegasnya.

Bupati Jember Hendy Siswanto bakal memantau kinerja OPD dalam mengelola keuangan dari APBD tersebut.

Baca juga: Ketua DPD RI Desak Pemerintah Siapkan Skema Baru Subsidi Listrik untuk Kurangi Beban Masyarakat

Baca juga: Gus Baha : Hukumnya Shalat Tarawih itu Sunah, Sedang Mencari Nafkah Itu Wajib

Baca juga: 4 Pemain Indonesia Jalani Ibadah Puasa di Eropa, Brylian Aldama Paling Berat, Puasa Hingga 17 Jam

Salah satu contoh OPD yang langsung bergerak adalah Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air melalui Unit Reaksi Cepat Tutup Lubang Jalan. URC Tutup Lubang Jalan langsung bergerak menambal jalan berlubang di sejumlah titik di kawasan dalam Kota Jember.

Ruas jalan yang mereka sasar untuk ditambal antara lain Jl Mastrip, Karimata, Bengawan Solo, Riau, Jl Manggar, Jl Nusa Indah, Jl Udang Windu, Jl Arowana, Jl Gatot Subroto, juga Jl dr Subandi.

"Untuk kegiatan yang beranggaran besar juga akan langsung kami tenderkan, seperti perbaikan infrastruktur yang nilainya sekitar Rp 700 miliar," tegas Bupati Jember Hendy Siswanto kepada TribunJatim.com.

Setelah molor lebih dari empat bulan dari ketentuan penganggaran, Kabupaten Jember akhirnya memiliki Perda APBD tahun 2021.

Dalam APBD itu, kekuatan Belanja di angka Rp 4,4 triliun, sementara Pendapatan sebesar Rp 3,6 triliun. Belanja paling banyak untuk Belanja Operasi.

Hendy menegaskan, perbaikan infrastruktur, terutama jalan, memang menjadi prioritas karena kondisi jalanan Kabupaten Jember sudah rusak. Jalan Jember sepanjang 1.000 Km rusak, baik rusak ringan, sedang, dan berat.

Kerusakan jalan ini kerap dikeluhkan masyarakat. Bahkan jalanan di kawasan dalam kota juga banyak yang berlubang. Tidak sedikit orang terjatuh karena menghindari jalan berlubang, atau menabrak lubang itu sendiri.

Berita tentang Bupati Jember Hendy

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved