Breaking News:

Berita Politik

Pemilu 2024, Inilah Gambaran Pertempuran PDIP dan PKB di Jawa Timur

Pemilu 2024 mendatang, khususnya di Jawa Timur diprediksi masih akan menampilkan persaingan antara PDI Perjuangan dan PKB.

SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Surokim Abdussalam. 

Reporter : Yusron Naufal Putra | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemilu 2024 mendatang, khususnya di Jawa Timur diprediksi masih akan menampilkan persaingan antara PDI Perjuangan dan PKB

Dari hasil survei terbaru yang dirilis Surabaya Survey Center (SSC), dominasi kedua partai itu masih tergambar cukup kuat termasuk untuk segmen pemilih millenial di Jawa Timur. 

Misalnya, untuk survei top of mind partai politik, PDI Perjuangan dan PKB masih menempati posisi satu dan dua. Begitu pula dengan survei elektabilitas dari kacamata millenial, dua partai tersebut juga mengisi papan atas. 

"Jika melihat hasil survey SSC kemarin tentang perilaku memilih milenial Jatim, tetap akan sengit dan potensial menghadirkan fenomena salip salipan," kata peneliti senior SSC Surokim Abdussalam, Kamis (15/4/2021). 

Baca juga: Suami ke Luar Negeri, Wanita Tulungagung Didatangi Pak Kades Malam Hari, Dalih Nengok Lahiran, Geger

Dalam sajian data SSC itu, untuk tingkat survei top of mind, PDI Perjuangan unggul dari PKB. Begitu pula dengan survei elektabilitas, partai besutan Megawati Soekarnoputri itu juga sementara unggul dari PKB

Penelitian itu dilakukan SSC pada rentang 5-25 Maret 2021 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Dimana, melibatkan 1070 responden yang dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. 

Dengan margin of error kurang lebih 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dari kalangan millenial dalam setiap KK dilakukan dengan bantuan kish grid.

Dari analisa yang dilakukan oleh pengamat politik UTM itu, pada posisi ini, PKB harus sedikit bekerja ekstra menjelang Pemilu 2024. Meningkatkan upaya pemenangan terus diperlukan. 

Sebab, menurutnya, PKB tak bisa hanya mengandalkan basis suara mereka tanpa melakukan perhatian lebih pada pemilih swing voters millenial. 

Halaman
12
Penulis: Yusron Naufal Putra
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved