Breaking News:

Berita Banyuwangi

Wabup Banyuwangi Apresiasi Destinasi Wisata Gandeng UMKM Lokal Gerakkan Ekonomi

Upaya Pemkab Banyuwangi melakukan pemulihan ekonomi arus bawah mendapat respon positif dari berbagai pihak.

Surya/Haorrahman
Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah saat melihat UMKM 

Reporter : Haorrahman | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Upaya Pemkab Banyuwangi melakukan pemulihan ekonomi arus bawah mendapat respon positif dari berbagai pihak.

Salah satunya datang dari pengusaha yang membuka bazar ramadan bagi warga setempat di lokasi wisata yang dikelolanya.

Wakil Bupati Sugirah pun mengapresiasi destinasi wisata yang berkolaborasi masyarakat sekitar dalam menggerakkan sektor ekonomi kerakyatan seperti Akbar Zoo Go Ramadan, di Kecamatan Glagah.

“Saya mengaspresiasi Akbar Zoo ini yang telah berupaya meningkatkan usaha UMKM di sekitar Desa Paspan dan sekitarnya,” kata Sugirah, Sabtu (17/4)

Dikatakan dia, tempat wisata yang belum lama dibuka ini mempunyai terobosan untuk menggerakkan sektor ekonomi warga sekitar.

Baca juga: Kabar Ario Kiswinar Kini Pasca Tak Diakui Mario Teguh Anaknya, Jago Main Sulap, Pekerjaannya Terkuak

Baca juga: Korban Gempa di Jawa Timur Dibangunkan Rumah Sederhana, Cegah Penularan Covid-19 di Pengungsian

Baca juga: Serasa Ngabuburit di Mekkah, Menu Buka Puasa Khas Timur Tengah di Surabaya Utara

Yakni dengan menyediakan tempat bazar ramadhan yang menjual takjil dan produk UMKM lainnya di dalam wahana.

Langkah tersebut dinilai Sugirah dapat menginspirasi destinasi wisata lainnya dalam rangka menggerakkan ekonomi di tengah pandemi. Sebab bazar tersebut menggandeng pelaku usaha sekitar destinasi wisata untuk membuka lapaknya.

“Apalagi para pengunjung juga dapat masuk wahana gratis selama Ramadan dari Senin sampai Jumat sembari ngabuburit dan belanja takjil,” imbuhnya.

Sugirah menjelaskan saat ini Pemkab Banyuwangi sedang getol-getolnya menggairahkan sektor UMKM dalam rangka percepatan pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi. Dengan segala dukungan Pemkab yaitu program UMKM Naik Kelas, kini UMKM berbagai sudut di Kabupaten Banyuwangi sedang bergerak memutar roda perekonomian.

“Ini salah satu bagian upaya gotong royong Pemkab Banyuwangi bersama berbagai pihak dalam mengentaskan ekonomi saat ini yang begitu sulit,” ungkap Sugirah.

Maka dari itu Sugirah mendorong destinasi wisata harus mendukung UMKM lokal, terlebih pengelolanya merupakan masyarakat sekitar.

“Sebaliknya, saya berharap UMKM sekitar juga ikut memajukan sektor wisata. Misal meng-up grade produknya agar lebih menarik pembeli. Kalau sama-sama jalan seperti ini, ekonomi akan segera pulih,” harapnya kepada TribunJatim.com.

Berita tentang Pemkab Banyuwangi

Penulis: Haorrahman
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved