Breaking News:

Berita Jember

DPRD Jember Kritisi 23 Urusan di Pemkab Jember

Buruk, demikian satu kata yang bisa disimpulkan dari kesimpulan DPRD Jember atas kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember di tahun 2020

sri wahyunik/surya
Dari kiri ke kanan : Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim, Ketua DPRD Jember M Itqon Syauqi, Wakil Bupati Jember Abdul Muqit Arief, Bupati Jember terpilih Hendy 

Reporter : Sri Wahyunik | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Buruk, demikian satu kata yang bisa disimpulkan dari kesimpulan DPRD Jember atas kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember di tahun 2020 yang disampaikan melalui Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Jember Tahun Anggaran 2020.

DPRD Jember memberikan kesimpulan dan rekomendasi atas LKPj tersebut melalui rapat sidang paripurna di DPRD Jember, Sabtu (17/4/2021) malam.

Berdasarkan penilaian DPRD Jember baik secara makro maupun mikro dalam penyelenggaraan program berdasarkan urusan maka dapat disimpulkan sebagai berikut;

Pertama, tidak adanya penetapan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun anggaran 2020, menyebabkan banyak program yang capaian kinerja dan serapannya rendah dan bahkan ada yang gagal dijalankan.

Kedua, kebijakan sistem pengelolaan anggaran dan program yang cenderung sentralistis, sebab semua kegiatan harus didasarkan pada desk yang dilakukan bupati serta petunjuk dan persetujuan melalui SK Bupati.

Dampaknya sebagian besar realisasi program yang dijalankan sifatnya rutin atau 'business as usual'.

Ketiga, problem banyaknya mutasi berdampak beberapa jabatan mengalami kekosongan dan dilaksanakan Plt menjadikan beberapa penyelenggaraan urusan capaian kinerjanya rendah, hal ini disebabkan beban kerja pejabat yang merangkap jabatan menjadi tinggi, pejabat perlu melakukan penyesuaian kembali pada jabatan barunya serta memiliki keterbatasan dalam mengambil keputusan.

Keempat, pemerintah kabupaten Jember tidak optimal dalam upaya meningkatkan kesejahteraan Guru Tidak Tetap (GTT) serta tenaga Kesehatan (Perawat dan Bidan).

Kesimpulan itu didapatkan setelah, DPRD menilai LKPj Bupati Jember tahun 2020 melalui 23 urusan, yang diurutkan dalam huruf abjad mulai A sampai W.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved