Breaking News:

Berita Nganjuk

Maksimalkan Pengawasan Internal, Inspektorat Nganjuk Berupaya Tingkatkan Kapabilitas APIP Level 3

Demi memaksimalkan pengawasan internal pemda, Inspektorat Nganjuk berupaya untuk meningkatkan kapabilitas APIP level 3.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Wakil Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi membuka kegiatan Bimtek Peningkatan Kapabilitas APIP Kabupaten Nganjuk, Kamis (22/4/2021). 

Reporter: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Inspektorat Kabupaten Nganjuk berupaya meningkatkan kapabilitas Aparatur Pengawas Intern Pemerintah (APIP) level tiga.

Hal itu sebagai langkah untuk mengoptimalkan tugas APIP di lingkungan Pemkab Nganjuk terkait manajemen risiko, Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko (PPBR), dan audit kinerja.

Wakil Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengatakan, Inspektorat dalam pelaksanaan tugas telah memberi nilai tambah bagi Kabupaten Nganjuk. Antara lain yang paling penting yakni peran Inspektorat dalam mengawal pemeriksaan rutin BPK, serta kesigapan dalam menindaklanjuti hasil temuan BPK.

Hal itu, dikatakan Marhaen Djumadi, terbukti dari prestasi WTP yang diraih Kabupaten Nganjuk yang berada pada peringkat pertama selama dua tahun berturut-turut dalam pemenuhan tindak lanjut BPK.

"Termasuk program inovatif Inspektorat lainnya di antaranya KLik KLok Waspada atau Klinik Konsultasi Pengawasan pada Desa, dan Anugerah Tata Kelola Keuangan Desa," kata Marhaen Djumadi dalam kegiatan Bimtek APIP Kabupaten Nganjuk, Kamis (22/4/2021).

Baca juga: Tindak Lanjuti Larangan Mudik Lebaran 2021, Pemkab Libatkan RT Awasi Pemudik Masuk Nganjuk

Baca juga: Aplikasi SiMAYA Mulai Diterapkan dalam Tata Pengelolaan Administrasi Pemkab Nganjuk

Untuk itu, ungkap Marhaen Djumadi, pihaknya mengharapkan kepada jajaran Irbanwil, Auditor dan P2UPD agar APIP mampu menularkan budaya kerja yang baik kepada perangkat daerah yang lain.

APIP harus terus mensosialisasikan program-program kerjanya kepada masyarakat, perangkat daerah dan pemerintah desa.

"Dengan demikian, peran serta APIP dalam mendukung kinerja pemerintah daerah dapat diketahui oleh semua pihak," ucap Marhaen Djumadi.

Sementara Inspektur Daerah Kabupaten Nganjuk, Fajar Judiono menambahkan, untuk menuju kapabilitas APIP level 3 tidak bisa dilakukan secara instan. Untuk itu, kapabilitas, profesionalitas, dan independensi dalam bertugas sangat dibutuhkan.

Halaman
12
Penulis: Achmad Amru Muiz
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved