Breaking News:

Berita Nganjuk

Tindak Lanjuti Larangan Mudik Lebaran 2021, Pemkab Libatkan RT Awasi Pemudik Masuk Nganjuk

Menindaklanjuti larangan mudik Lebaran 2021, pemkab akan melibatkan RT untuk mengawasi pemudik yang hendak masuk Kabupaten Nganjuk.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika
TRIBUNJATIM.COM/ACHMAD AMRU MUIZ
Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk, M Yasin, 2021. 

Reporter: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Pemerintah Kabupaten Nganjuk menindaklanjuti kebijakan pemerintah pusat yang melarang mudik Lebaran 2021 untuk mencegah penularan Covid-19 (virus Corona).

Hal itu dilakukan Pemkab Nganjuk dengan melibatkan pengurus RT untuk melakukan pengawasan, guna mendukung personel Polres Nganjuk melakukan penjagaan di lokasi penyekatan jalan masuk ke Kabupaten Nganjuk.

Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk, M Yasin mengatakan, saat ini pemkab mulai melakukan sosialisasi kepada forkopimcam di masing-masing kecamatan tentang kebijakan larangan mudik Lebaran 2021.

Selanjutnya, Pemkab Nganjuk akan membuat spanduk imbauan pelarangan mudik yang nantinya akan dipasang di setiap kecamatan.

"Kami berharap dengan sosialisasi larangan mudik pada lebaran kali ini bisa diterima dan dimengerti masyarakat dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19," kata M Yasin, Jumat (23/4/2021).

Dijelaskan Yasin, setelah sosialisasi, Pemkab Nganjuk akan melakukan pengawasan ketat terhadap aktivitas mudik. Termasuk melibatkan pengurus RT dan unsur masyarakat lain untuk melakukan pengawasan.

Baca juga: Aplikasi SiMAYA Mulai Diterapkan dalam Tata Pengelolaan Administrasi Pemkab Nganjuk

Baca juga: Kodim 0810/Nganjuk Bagikan Takjil Gratis pada Warga Sambil Imbau Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19

"Setiap RT akan diminta mengawasi jika ada pemudik yang masuk ke lingkungan masing-masing untuk didata dan dilaporkan ke tim Satgas Desa," ucap Yasin.

Dalam pelaksanaan kebijakan larangan mudik, menurut Yasin, Pemkab Nganjuk akan mengoptimalkan pengawasan mulai bulan Mei nanti. Ini belajar pada pengalaman tahun lalu dimana kasus Covid-19 melonjak tinggi setelah arus mudik. Dan klaster yang muncul mayoritas dari keluarga.

Selain melakukan pengawasan hingga ke tingkat lingkungan, pihaknya juga  memastikan jalur darat akan diawasi dengan ketat. Semua akses masuk ke Kabupaten Nganjuk akan dijaga.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved