Breaking News:

Kapal Selam Nanggala Hilang

BREAKING NEWS - KSAL Nyatakan KRI Nanggala Tenggelam, Ditemukan Alas Salat hingga Pelumas Periscop

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menaikan isyarat operasi pencarian KRI Nanggala 402.......

Editor: Ndaru Wijayanto
TribunBali/Zaenal Nur Arifin
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan keterangan mengenai perkembangan pencarian KRI Nanggala-402 di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai Bali, , Sabtu 24 April 2021 

TRIBUNJATIM.COM - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menaikan isyarat operasi pencarian KRI Nanggala 402 dari fase sub-miss atau kapal selam hilang, menjadi sub-sunk alias tenggelam.

Hal itu menyusul tim pencarian dan penyelamatan (SAR) KRI Nanggala 402 menemukan sejumlah barang otentik milik kapal selam tersebut di perairan Bali.

Berkaitan dengan peningkatan isyarat pencarian, maka operasi evakuasi medis terhadap para ABK kapal selam KRI Nanggala-402 juga akan disiapkan.

"Dengan demikian, dengan adanya bukti otentik yang diyakini adalah milik KRI Nanggala sehingga pada saat ini kita isyaratkan dari sub-miss, kita tingkatkan menuju fase sub-sunk," kata Yudo dalam konferensi persnya, Sabtu (24/4/2021).

Baca juga: KRI Nanggala 402 Diyatakan Tenggelam, Nasib 53 Awak Belum Diketahui, TNI Siapkan 2 Cara Evakuasi

"Di mana fase sub-sunk nanti kita siapkan evakuasi medis terhadap ABK yang kemungkinan masih selamat. Demikian dengan tim gabungan SAR masih terus berjuang," sambungnya.

Adapun terdapat 5 jenis barang atau komponen yang ditemukan oleh tim SAR.

Baca juga: Pilu Bocah Penjual Sate Kol Menangis, Ditinggal Seorang Diri, Terbaring Lemas Tunggu Jemputan Ibu

Antara lain kepingan pelurus tabung torpedo berwarna hitam, kepingan pembungkus pipa pendingin, satu botol grase pelumas periskop kapal selam, potongan kecil spon - spon penahan panas, serpihan alas salat para ABK dan minyak solar di dalam botol yang diambil dari permukaan laut.

Dijelaskan Yudo, barang - barang ini naik ke permukaan karena diduga kapal selam KRI Nanggala-402 alami keretakan pada bagian peluncur torpedo.

"Ini tidak akan terangkat ke luar kapal apabila tidak ada tekanan dari luar atau terjadi keretakan di peluncur torpedo," jelas dia.

Baca juga: Viral Video Anak Kru KRI Nanggala 402 Larang Ayahnya Pergi, Seakan Punya Firasat, Pintu Dikunci

Artikel ini telah tayang di Tribun-Bali.com dengan judul "BREAKING NEWS: Serpihan Kapal Selam Nanggala 402 Ditemukan, Alas Sholat hingga Pelumas Periskop"

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved