Breaking News:

Pentingnya Kerjasama Ortu dan Kampus Membangun Karakter Mahasiswa

Nina Nugroho Solution merupakan program CSR dari Nina Nugroho yang bertujuan memberikan asupan informasi mengenai berbagai tantangan yang dihadapi

Penulis: Yoni Iskandar | Editor: Yoni Iskandar
istimewa
Nina Nugroho Solution denga tema ‘Kolaborasi Peran Kampus dan Orangtua Dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa’. 

Penulis : Yoni Iskandar | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - MAHASISWA yang tengah menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi adalah asset bangsa di masa depan. Karakternya menjadi perhatian penting, karena akan sangat menentukan bagaimana kelak bangsa ini akan dibawa. Bila para pemudanya memiliki karakter sesuai yang dibutuhkan, maka bisa diharapkan bangsa Indonesia akan berjalan ke arah yang benar.

"Kalau kita mengutip pernyataan Bung Karno yang sangat terkenal, beri aku 10 pemuda, maka akan kuguncang dunia, itu menunjukan betapa pentingnya keberadaan pemuda ini bagi masa depan sebuah bangsa. Maka tema kali ini sangat menarik untuk kita kupas," ungkap Prof Dr Ir Meta Mahendradatta, MSc, Guru Besar Jurusan Teknologi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Hasanudin, Makassar, dalam Nina Nugroho Solution live Instagram melalui akun @ninanugrohostore Sabtu lalu.

Dalam episode ke 75 tersebut dibahas ‘Kolaborasi Peran Kampus dan Orangtua Dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa’. Tema sore itu menarik mengingat saat ini sudah mulai terasa adanya pergeseran etika di kalangan mahasiswa, yang bagi sementara kalangan cukup memprihatinkan.

Nina Nugroho Solution merupakan program CSR dari Nina Nugroho yang bertujuan memberikan asupan informasi mengenai berbagai tantangan yang dihadapi oleh wanita dengan multiperan.

"Baik buruknya suatu bangsa, ditentukan oleh pemudanya, dalam hal ini adalah karakternya," ungkap Prof Meta yang lulusan Fakultas Teknologi Pertanian UGM ini, membuka acara.

Baca juga: BERITA TERPOPULER JATIM: Video Anak Kru KRI Nanggala 402 hingga Firasat Tak Enak Istri Awak Kapal

Baca juga: Desiree Tarigan Bawa Lari Isi Brankas Suami? Pengacara Hotma Ngotot Nuduh: Teriak di Pinggir Jalan!

Baca juga: Soal Video Kru KRI Nanggala Dilarang Anak Berangkat, Keluarga Angkat Bicara: Mungkin Hanya Kebetulan

Ia kemudian menyebutkan beberapa karakter yang sangat dibutuhkan Indonesia dalam kondisi saat ini.

Menurut Prof Meta, karakter utama yang perlu dimiliki mahasiswa adalah beriman. Karena dengan iman pemuda tidak akan tersesat dan tidak memikirkan hal-hal yang negative serta tidak melakukan kecurangan-kecurangan. Iman harus juga diimbangi dengan kejujuran dan tanggungjawab dalam satu paket.

Karakter berikutnya adalah punya semangat dan motivasi untuk meraih cita-cita yang tinggi. Mereka memiliki target yang dicapai. Dalam kondisi dimana teknologi dan ilmu pengetahuan berkembang begitu pesat dibutuhkan karakter kreatif dan inovatif. Mahasiswa juga dituntut memiliki daya juang yang tinggi, tidak mudah menyerah, peduli terhadap lingkungan dan sesama. Tidak kalah penting adalah rendah hati dan tidak sombong.

"Karena kesombongan bisa menghancurkan diri sendiri,’’ tutur Prof Meta, ibu 4 orang anak ini.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved