Breaking News:

Berita Gresik

Petilasan Eyang Resi Ronggolawe Dijadikan Desa Wisata Budaya Lintas Agama di Gresik

Para tokoh lintas agama di Desa Dapet, Kecamatan Balongpanggang, Gresik, sepakat mengangkat potensi desa menjadi desa wisata budaya. Adanya petilasan

surya/willy
Petilasan Eyang Resi Ronggolawe di Desa Dapet, Kecamatan Balongpanggang, Gresik, Sabtu (24/4/2021). 

Reporter: Willy Abraham I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Para tokoh lintas agama di Desa Dapet, Kecamatan Balongpanggang, Gresik, sepakat mengangkat potensi desa menjadi desa wisata budaya. Adanya petilasan Eyang Resi Ronggolawe menjadi ikon desa.

Dalam soft launching itu dihadiri Wakil Ketua DPRD Gresik Ahmad Nurhamim, Ketua Fraksi Golkar DPRD Gresik Wongso Negoro, Kepala Desa Dapet Siswadi bersama tokoh lintas agama setempat.

Mereka sepakat untuk mengangkat potensi wisata budaya sebagai bentuk pengamalan Pancasila.

Petilasan Eyang Resi Ronggolawe selain menjadi tempat mendoakan leluhur, akan dikembangkan menjadi destinasi wisata budaya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit. Petilasan itu bisa menjadi tempat bermukim sementara.

Baca juga: Pilu Bocah Penjual Sate Kol Menangis, Ditinggal Seorang Diri, Terbaring Lemas Tunggu Jemputan Ibu

Eyang Ronggolawe memimpin pasukan di masa itu ada kesalahpahaman dengan kerajaan Majapahit tentang pengangkatan senopati.

Bisa dibilang petilasan Eyang Resi Ronggolawe di Desa Dapet, Kecamatan Balongpanggang menjadi tempat persinggahan menyusun strategi.

Baca juga: Tunggu Kabar Baik Pencarian KRI Nanggala 402, Istri Kopda Mes Khoirul Faizin: Anak-anak Kangen

Wakil Ketua DPRD Gresik, Ahmad Nurhamim mengatakan sudah mendesain bagaimana potensi masyarakat. Mulai ekonomi, budaya bisa merangkak bangkit.

"Tidak hanya perekat kepentingan sejarah tapi perekat anak cucu kita. Menjadi nilai ekonomi. Launching desa wisata budaya, melalui titik mbah ronggo dapat berkembang dengan baik. Menonjol agar budaya dari sisi yang dibangun komponen masyarakatnya," terangnya, Sabtu (24/4/2021).

Halaman
12
Penulis: Willy Abraham
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved