Breaking News:

Bocor Soal Rahasia Tren Bisnis di Ramadan 2021, Usaha Hijab Bisa Bikin Banjir Cuan

Bocor soal rahasia tren bisnis di Ramadan 2021, usaha hijab bisa bikin banjir cuan. Penjualan hijab mengalami peningkatan hingga 125 persen.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
MUFFEST Surabaya, pameran fashion muslim ini juga merupakan ajang unjuk gigi produk busana muslim dan hijab milik desainer-desainer ternama di Indonesia, 2021. 

Reporter: Fikri Firmansyah | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gojek membocorkan informasi terkait keuntungan bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Namun informasi itu bukanlah bersifat rahasia, melainkan memang sengaja diumumkan, agar bisnis UMKM bisa panen cuan di bulan Ramadan 2021 ini, sekalipun masih ada pandemi Covid-19 (virus Corona).

"Untuk mendukung pertumbuhan UMKM dalam memaksimalkan penjualan dan menjangkau lebih banyak pelanggan melalui platform digital, maka kami hadirkan Akademi Mitra Usaha (KAMUS) dan tren bisnis menarik selama Ramadan pada tanggal 20 April yang lalu," ujar VP Merchant Marketing Gojek, Bayu Ramadhan, Senin (26/4/2021).

Dikatakan Bayu, inisiatif itu ditujukan untuk pelaku usaha agar dapat menyusun strategi bisnis yang tepat di masa pandemi Covid-19, dengan mengenal pola bisnis selama Ramadan dan mendapatkan pelatihan langsung oleh para ahli di bidangnya.

Bayu menambahkan, dalam KAMUS sendiri, selain mengikuti rangkaian pelatihan, pelaku usaha juga dapat meningkatkan wawasan bisnis dengan mengakses e-Book Insight Bisnis Ramadan Gojek yang berisi temuan menarik berdasar data Gojek Ramadan tahun lalu yang dapat menjadi acuan bagi pelaku usaha di Ramadan tahun ini. Seperti satu di antaranya adalah terkait bisnis hijab.

Baca juga: Permudah Akses Layanan GoCar dan GoRide di Mall Surabaya, Gojek Hadirkan Halte Khusus

Baca juga: Cara Mengecek Penerima BLT UMKM Rp 1,2 Juta via BRI dan BNI, Masih Bisa Daftar, Cek Syarat Dokumen

Kata Bayu, hijab menjadi barang ritel yang paling diincar selama Ramadan.

Data Gojek menunjukkan peningkatan transaksi hijab di bulan Ramadan tahun lalu.

"Bila dibandingkan dengan sebelum Ramadan, penjualan hijab mengalami peningkatan hingga lebih dari 125 persen," jelasnya.

Sejalan dengan tren itu, konsumen pun turut mengeluarkan dana lebih untuk belanja pada kategori pakaian dan aksesori, serta barang penunjang aktivitas di rumah seperti alat kesenian melukis, buku, serta alat olahraga.

Melihat kondisi tersebut, Gojek turut menjadi pelayan terbaik di momen yang apik pada bulan Ramadan.

Baca juga: Menengok Bazar Ramadhan UMKM 2021 Bondowoso, Beli Takjil Sambil Menikmati Pemandangan Hamparan Sawah

Baca juga: Prediksi Tren Usaha yang Bakal Banjir Cuan di 2021, Gojek Sebut Dessert Box dan Rice Bowl Primadona

Bayu mengatakan, hingga saat ini, Gojek telah memfasilitasi solusi digital untuk bisnis melalui berbagai platform teknologi, dari GoBiz untuk usaha kuliner, Midtrans untuk proses pembayaran hingga GoStore bagi pedagang di media sosial.

"Melalui rangkaian solusi digital menyeluruh di bawah inisiatif #MelajuBersamaGojek tersebut, diharapkan UMKM dapat berkembang ke ranah online dan memperluas skala bisnisnya. Untuk memberikan solusi non-teknologi, dalam kurun waktu satu tahun terakhir Gojek telah memfasilitasi pelatihan kepada lebih dari 20.000 peserta UMKM di berbagai kota di Indonesia," pungkasnya.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved