Breaking News:

Ramadan 2021

Stok Beras Jember Aman Selama Ramadan Hingga Idul Fitri

Pihak Bulog Cabang Jember memastikan stok beras di Kabupaten Jember aman. Menurut Kepala Cabang Bulog Jember Budi Sultika, stok beras di gudang Bulog

sri wahyunik/surya
Kepala Bulog Jember Budi Sultika 

Reporter : Sri Wahyunik | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Pihak Bulog Cabang Jember memastikan stok beras di Kabupaten Jember aman. Menurut Kepala Cabang Bulog Jember Budi Sultika, stok beras di gudang Bulog Jember sampai per April ini mencapai 32 ribu ton.

"Jumlah ini terbanyak kedua di Jawa Timur. Jadi dari sisi stok kondisi beras di Jember aman. Bisa mencukupi sampai akhir tahun 2021," ujar Budi kepada Surya, Minggu (25/4/2021).

Karenanya, Budi menjamin ketersediaan beras, terutama untuk kebutuhan di Bulan Ramadan 1442 H dan Idul Fitri 2021.

Di sisi lain, bulan April ini, petani di Kabupaten Jember juga sedang masa panen raya padi. Budi menambahkan Bulog Jember telah menyerap 7.700 ton beras per April 2021, dan 8.000 ton gabah dari petani.

Baca juga: Bolehkah Wanita Itikaf di Masjid 10 Hari Terakhir Ramadan? Berikut Hukumnya, Ada 3 Syarat Penting

Baca juga: Suasana Rumah Duka Kolonel Harry Setyawan di Sidoarjo, Malam Tadi Dikunjungi Menhan Prabowo

Baca juga: Ketua DPD RI Berharap Pertemuan Pemimpin ASEAN Selesaikan Krisis Myanmar

"Kami menyerap 10 persen gabah petani di masa panen raya ini. Jadi kami pastikan, kalau untuk beras aman," imbuh Budi.

Bahkan selain menjamin ketersediaan stok beras untuk rakyat Jember, Bulog Jember juga mengirimkan beras ke Bulog di kawasan Indonesia Timur, seperti Papua, Nusa Tenggara Timur, juga Sulawesi Barat. Tahun 2020, sebanyak 14.900 ton beras dikirim ke kawasan Indonesia Timur berdasarkan pesanan Bulog setempat.

Keamanan stok beras tersebut membuat harga beras di Jember stabil di Bulan Ramadan ini. Bahkan berdasarkan pantauan Badan Pusat Statistik (BPS) Jember, terjadi penurunan harga.

"Kalau harga beras cenderung turun, sehingga menyumbang deflasi berdasarkan pengamanan kami sampai pekan ketiga April 2021. Bisa jadi ini dipicu karena stok aman," ujar Kepala BPS Jember Arif Joko Sutejo kepada TribunJatim.com.

Berita tentang Bulog Jember

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved