Breaking News:

Ramadan 2021

Di Surabaya Ada Tasbih dan Manik-Manik Bahan Kaukah, 'Jenis Kayu Andalan Para Nabi', Segini Harganya

Tahukah kalian, ternyata Kampung Arab di Surabaya tidak hanya dikenal dengan sebagai kampung yang mayoritasnya ditinggali warga keturunan Arab (Yaman)

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Januar
Di Surabaya Ada Tasbih dan Manik-Manik Bahan Kaukah, 'Jenis Kayu Andalan Para Nabi', Segini Harganya
TribunJatim.com/ Fikri Firmansyah
Tasbih dan manik-manik berbahan Kaukah bisa jadi pilihan buah tangan yang worth it untuk dibeli ketika berkunjung ke Kampung Arab Surabaya.

Reporter: Fikri Firmansyah | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Tahukah kalian, ternyata Kampung Arab di Surabaya tidak hanya dikenal dengan sebagai kampung yang mayoritasnya ditinggali warga keturunan Arab (Yaman) saja.

Berada di daerah Surabaya bagian utara, kampung yang juga masuk dalam kawasan kompleks Wisata Religi Makam Sunan Ampel itu selalu bisa membuat wisatawan yang datang merasakan pengalaman menyusuri timur tengah.

Saat menikmati wisata berbelanja khas timur tengah misalnya.

Ya, para pedagang disini menjual aneka produk khas timur tengah yang tidak hanya worth it untuk dibeli sebagai oleh-oleh, tapi juga recommended untuk dibeli agar wisata paham akan sejarah.

Misalnya saja jenis tasbih dan manik-maniknya.

Di Kampung Arab Surabaya, jenis tasbih dan manik-manik yang dijual oleh para pedagangnya tidak hanya khas timur tengah saja, tapi juga kental akan sejarah perjalanan islam.

Baca juga: Tasbih dan Manik-manik Masih Jadi Bisnis Andalan Kampung Arab Surabaya, Selalu Cuan Saat Ramadan

Misalnya jenis tasbih dan manik-manik berbahan kayu kaukah.

Satu diantara pedagang tasbih dan manik-manik di Kampung Arab Surabaya, Muhammad bin Anis mengatakan, kayu kaukah konon katanya dari turun temurun cerita nenek moyangnya adalah jenis kayu yang diyakini sebagai mukjizat para nabi.

"Jadi memang kayu kaukah sendiri memang punya andil sejarah islam yang kuat, oleh karenya pula tasbih dan manik-manik berbahan kaukah yang saya jual laris manis dibeli, terlebih saat tiba bulan puasa, seperti Ramadan 2021 ini," ungkap Muhammad kepada TribunJatim.com, Selasa (27/2/21).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved