Breaking News:

Berita Surabaya

Sebulan Pasca Diluncurkan, Dinkominfo Surabaya Terima 2.369 Aduan dari WargaKu

Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Surabaya menerima 2.369 aduan melalui aplikasi WargaKu. Mayoritas di antaranya telah ditindaklanjuti

TribunJatim.com/ Bobby Constantine Koloway
Kepala Dinkominfo Surabaya, M Fikser bicara soal aplikasi WargaKu 

Reporter: Bobby Constantine Koloway | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Dinas Komunikasi dan Informatika atau Dinkominfo Surabaya menerima 2.369 aduan melalui aplikasi WargaKu. Mayoritas di antaranya telah ditindaklanjuti.

Data Dinkominfo Surabaya mencatat, sejak dirilis pada Senin (22/3/2021) hingga Selasa (27/4/2021) pukul 13.00 WIB, sebanyak 2.369 total pengaduan. "Dari total pengaduan tersebut, 2.171 di antaranya sudah selesai ditindaklanjut dan ditutup instansi," kata Kepala Dinkominfo Kota Surabaya, M Fikser

Sisanya, dalam beberapa kategori status pengaduan. Dengan rincian, pengaduan baru belum ditanggapi hingga pukul 13.00 WIB ada 14, sudah ditanggapi dan sedang ditindaklanjuti 125 dan sebanyak 59 pengaduan sudah ditanggapi dan ditindaklanjuti oleh instansi.

Sementara itu, dari ribuan pengaduan yang diterima Pemkot, ada 10 topik tertinggi. Yakni, terkait bantuan sosial (bansos), lowongan pekerjaan, jalan rusak atau berlubang, MBR, KTP elektronik, bantuan UMKM, vaksinasi, PJU padam, BPJS PBI dan layanan PDAM.

Hingga saat ini, warga yang telah memiliki akun di aplikasi ini mencapai 7.200 pendaftar. Mereka bisa memberikan pengaduan. 

Baca juga: Buka Besok, 55 Posko Pengaduan THR Dididikan Disnakertrans Jatim, Wajib Cairkan Maksimal H-7

Fikser mengatakan, pada prinsipnya aplikasi WargaKu merupakan sebuah dashboard besar. Nah, di dalam dashboard tersebut berisi dengan sub-sub aplikasi atau fitur menu layanan untuk masyarakat.

"Seperti keluhan itu subdomain (fitur) dari aplikasi WargaKu, itu tentang pengaduan. Nah, sekarang kita tambah tentang perizinan, kependudukan dan layanan kesehatan," katanya. 

Dalam pengembangannya, pihaknya juga berencana menambah beberapa sub baru di dalam aplikasi WargaKu. Fitur atau sub yang sedang disiapkan saat ini berupa layanan pendidikan, informasi terkait MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) hingga Kampung Tangguh. 

"Jadi masih kami siapkan itu masih proses. Seperti Kampung Tangguh, MBR, terus layanan informasi lain," jelas dia.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved