Breaking News:

Ramadan 2021

Spirit Ramadan dan Pengamalan Pancasila bagi Generasi Muda

Tidak diragukan lagi bahwa Pancasila mengandung dimensi spiritual yang sangat mendalam. Dimensi spiritual tersebut oleh bangsa Indonesia dijadikan

Istimewa/TribunJatim.com
Assoc Prof. Dr. H. Muhammad Turhan Yani, MA (Ketua Komisi Pendidikan, Kaderisasi, dan Pembinan Seni Budaya MUI Jawa Timur dan Wakil Dekan FISH Universitas Negeri Surabaya) 

Oleh: Assoc Prof. Dr. H. Muhammad Turhan Yani, MA

(Ketua Komisi Pendidikan, Kaderisasi, dan Pembinan Seni Budaya MUI Jawa Timur dan Wakil Dekan FISH Universitas Negeri Surabaya)

Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Tidak diragukan lagi bahwa Pancasila mengandung dimensi spiritual yang sangat mendalam. Dimensi spiritual tersebut oleh bangsa Indonesia dijadikan sebagai pijakan dasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

Di dalam Pancasila terdapat nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, dan keadilan yang dijunjung tinggi oleh bangsa Indonesia untuk selanjutnya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Baca juga: Bolehkah Wanita Itikaf di Masjid 10 Hari Terakhir Ramadan? Berikut Hukumnya, Ada 3 Syarat Penting

Nilai-nilai tersebut yang dimaksudkan sebagai dimensi spiritual Pancasila. Dalam kehidupan generasi muda Indonesia, pengamalan Pancasila sangat penting untuk memproteksi diri dari berbagai pengaruh negatif dari globalisasi di berbagai bidang.

Pengamalan Pancasila bagi generasi muda juga sangat penting seiring dengan maraknya radikalisme yang mulai masuk pada kehidupan sebagian generasi muda Indonesia akhir-akhir ini. 
Dalam konteks ini, spirit Ramadhan menjadi momentum penting untuk revitalisasi nilai-nilai Pancasila pada generasi muda Indonesia. 

Oleh karena itu Presiden RI Joko Widodo menyampaikan bahwa para generasi muda hendaknya sering mengunggah Pancasila di media sosial, agar mereka selalu ingat akan nilai-nilai Pancasila.

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, agama dan Pancasila memiliki titik temu yang sama-sama menjadi sumber, baik sumber Ilahiyah (Ketuhanan) maupun sumber Insaniyah (Kemanusiaan). Agama (Islam) sumbernya adalah Ilahiyah yang terpancar ke dalam Pancasila. 

Pancasila memiliki dimensi sumber ilahiyah karena cerminan dari pancaran ajaran agama dan sekaligus dimensi insaniyah (rumusan ijtihadiyah dari para pendiri bangsa) yang sangat arif dan bijaksana. 

Halaman
123
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved