Breaking News:

Berita Kota Batu

Ada Kewajiban Bayar THR 2021, Kadin dan Apindo Kota Batu: Lihat Dulu Kondisi Perusahaan

Ada kewajiban membayar THR 2021 karyawan, Kadin dan Apindo Kota Batu: Lihat dulu kondisi perusahaan bagaimana.

Dok. Kredivo
Ilustrasi THR - Ada Kewajiban Bayar THR 2021, Kadin dan Apindo Kota Batu: Lihat Dulu Kondisi Perusahaan 

Reporter: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Batu, Endro Wahyu Wijoyono berpendapat agar perusahaan dan karyawan saling mengerti mengenai kewajiban pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) pada 2021.

Disebutkannya, THR merupakan hak karyawan dan menjadi kewajiban bagi perusahaan untuk menyalurkannya.

Namun, dengan kondisi sulit di masa pandemi Covid-19 (virus Corona), Endro berpendapat pembayaran THR bisa mempertimbangkan kondisi keuangan perusahaan.

Menurutnya, banyak perusahaan di Kota Batu tengah berjuang untuk tetap bertahan, terutama dari sektor pariwisata. Ia mengatakan, kondisi pelaku industri dan usaha belum pulih total dari dampak pandemi.

"Lihat saja sektor pariwisata, secara kasat mata belum pulih. Mereka bisa bertahan saja sudah bagus, artinya sembari menunggu bisa kembali pulih, ada usaha untuk tetap menggerakkan usaha,” ujar Endro, Rabu (28/4/2021).

Dipaparkan Endro, memang ada perusahaan yang survive (bertahan) dari pandemi Covid-19. Namun jumlahnya tidak banyak. Bagi perusahaan yang secara finansial sehat, maka hak-hak karyawan wajib untuk diberikan.

Sementara sebagian besar lainnya masih terseok-seok untuk memulihkan neraca keuangan perusahaan. Terhadap perusahaan inilah, Endro menyarankan ada dialog yang baik antara karyawan dengan perusahaan.

“Ada sebagian yang sudah mulai membaik sesuai perhitungan Break Even Point (BEP). Namun pada umumnya ini masih di bawah BEP, tapi itu lebih penting daripada perusahaan berhenti sama sekali,” katanya.

Baca juga: JADWAL Pencairan THR PNS 2021 Pemprov, Pemda dan Pusat, Lengkap Rincian Besaran THR Golongan I-IV

Selain itu, menurut Endro, THR belum bisa dijadikan acuan untuk pemulihan ekonomi nasional karena sifatnya yang hanya sementara.

Halaman
123
Penulis: Benni Indo
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved