Breaking News:

Berita Nganjuk

Pelaksanaan Sistem Merit, ASN Pemkab Nganjuk Diminta Tingkatkan Kinerja Lebih Maksimal

Setelah pelaksanaan Sistem Merit, ASN Pemkab Nganjuk diminta untuk meningkatkan kinerjanya lebih maksimal.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Kepala BKD Kabupaten Nganjuk, Adam Muharto saat mengikuti rapat bersama KASN secara virtual terkait pelaksanaan sistem Merit dalam mengukur kinerja ASN, Selasa (27/4/2021). 

Reporter: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Nganjuk diminta untuk semakin meningkatkan kinerjanya. Ini setelah Sistem Merit dipastikan dapat mengukur kualifikasi, kompetensi, dan hasil kinerja ASN.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Nganjuk, Adam Muharto mengatakan, mulai saat ini ASN tidak bisa bekerja sekadarnya. Mereka dituntut untuk bekerja secara maksimal dan profesional sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi).

"Untuk itu, ASN harus bisa meningkatkan kinerjanya dalam memberi pelayanan kepada masyarakat," kata Adam Muharto, Selasa (27/4/2021).

Sementara itu, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mengggelar pertemuan dan koordinasi secara virtual terkait pentingnya penerapan Sistem Merit dalam manajemen ASN di instansi Pemerintah Kabupaten Nganjuk.

Hal itu bertujuan untuk memonitoring pelaksanaan Sistem Merit sebagai pertimbangan dalam merekrut ASN yang profesional, berintegritas dan menempatkannya pada jabatan-jabatan birokrasi pemerintah yang sesuai dengan kompetensinya.

Selain itu sesuai UU No 05/2014 disebutkan, Sistem Merit merupakan kebijakan dalam manajemen ASN dengan beberapa dasar. Seperti kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar dengan tanpa mempertimbangkan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal-usul, jenis kelamin, status pernikahan, usia, maupun kondisi fisik.

Komisioner KASN, Sri Hadiati Wara Kustriani mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan melaksanakan perintah Undang-undang (UU) No 05/2014 di mana KASN memiliki tugas untuk melakukan pengawasan penilaian Sistem Merit.

"Kita ingin melakukan perbaikan manajemen ASN untuk kepentingan ASN sendiri, maupun untuk kepentingan organisasi di mana ASN tersebut bernaung. Dan kita juga ingin meningkatkan kinerja organisasi dengan memperbaiki manajemen ASN yang merupakan kunci dari seluruh kegiatan di sebuah organisasi," kata Sri Hadiati.

Baca juga: Sesuaikan Kebijakan, Bappeda Nganjuk Gelar Orientasi Perubahan RPJMD dan Renstra Perangkat Daerah

KASN, menurut Sri Hadiati, akan berkolaborasi dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah guna mengimplementasikan UU tersebut melalui kerja sama secara optimal. Dengan demikian nantinya menghasilkan sumber daya manusia (SDM) maupun ASN yang profesional yang dapat membantu pimpinan daerah untuk mencapai visi misinya.

Sedangkan Asisten KASN, Mugi Sariadi menambahkan, tujuan dari penerapan Sistem Merit lebih untuk mempercepat pengisian maupun penelitian mandiri yang dilakukan oleh instansi pemerintah. Dengan demikian nantinya dapat menjadi dasar verifikasi dan penilaian dari Sistem Merit itu sendiri.

"Tentunya kami berharap dengan pertemuan dan kegiatan ini dapat menindaklanjuti penerapan Sistem Merit agar instansi atau peserta dapat memahami bagaiman pentingnya penerapan Sistem Merit bagi instansi. Serta bagi para PPK dan lebih luasnya lagi bagi para ASN," tutur Mugi Sariadi.

Berita tentang Kabupaten Nganjuk

Berita tentang Jawa Timur

Penulis: Achmad Amru Muiz
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved