Breaking News:

BI Apresiasi Fasilitas Zakat Digital Sinergi GoPay dan Baznas, 'Memudahkan Berbagi Selama Pandemi'

GoPay kolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) memaksimalkan fasilitas zakat digital. Diapresiasi Bank Indonesia.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
ILUSTRASI - Target kumpulkan dana 503 Miliar di Ramadan 2021, BAZNAS dan GoPay resmi jalin kerjasama. 

Reporter: Fikri Firmansyah | Editor: Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Bank Indonesia menyatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kolaborasi GoPay dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), terkait upaya untuk memaksimalkan fasilitas zakat digital di tengah pandemi virus Corona ( Covid-19 ).

Hak tersebut dikatakan langsung oleh Kepala Grup Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI), Fitria Irmi Triswati.

"Kami (BI) memberikan apresiasi tinggi atas kolaborasi BAZNAS dengan GoPay yang berlangsung setiap tahunnya dalam mendorong pengumpulan zakat melalui pembayaran digital, baik melalui QRIS maupun fitur GoTagihan," ujar Fitria, Rabu (28/4/21).

Ia menggarisbawahi, peran penting transaksi digital sebagai game changer yang memudahkan masyarakat berbagi dengan sesama selama pandemi Covid-19.

Baca juga: Cara Membayar Zakat Fitrah via Online, Hukumnya Tetap Sah, Ini Niat Zakat Diri Sendiri dan Keluarga

“Menurut Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah FEB UI tahun 2020, selama pandemi transaksi zakat, infak, dan sedekah mengalami pertumbuhan 26,1% berkat peningkatan adopsi teknologi digital oleh lembaga amil zakat," ungkapnya.

Bahkan, lanjutnya, banyak pula orang yang belum pernah membayar zakat menjadi terdorong untuk melakukannya secara digital di masa pandemi.

Sebagian yang sudah melakukan pembayaran zakat secara digital di antaranya adalah milenial.

"Oleh karenaya, kami harap upaya soal pembayaran digital untuk pembayaran zakat ini dapat terus ditingkatkan untuk semakin membantu masyarakat dan bergotong-royong membantu para mustahik yang membutuhkan,” jelas Fitria.

Berita tentang pembayaran zakat

Berita tentang Ramadan 2021

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved