Breaking News:

Berita Surabaya

Desain Rumah Anti Covid-19, Bisa Diterapkan di Surabaya dengan Ukuran Tanah 12 Meter x 30 Meter

Program Studi Arsitektur UK Petra bedah buku desain rumah Anti Covid-19. Dosen Gunawan Tanuwidjaja: bisa diterapkan di perumahan Surabaya.

TRIBUNJATIM.COM/HABIBUR ROHMAN
RUMAH ANTI COVID - Penulis sekaligus pembicara membahas desain rumah anti Covid-19 pada beda buku "Living and Learning in Dgnity' oleh Studi Arsitektur dan Paerpustakaan UK Petra, Kamis (29/4/2021). selain pembatasan akses untuk tamu, desain rumah ini juga ramah untuk lansia maupun warga disabilitas. 

Reporter: Zainal Arif | Editor: Heftys Suud

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Program Studi Arsitektur UK Petra dari Perpustakaan UK Petra menggelar kegiatan Bedah Buku Living and Learning in Dignity secara virtual melalui Zoom Meeting, Kamis (29/4/2021).

Buku yang memiliki 150 halaman itu ditujukan untuk menjawab kebutuhan masyarakat saat ini yaitu desain rumah Anti Covid-19.

Penulis buku sekaligus Dosen Arsitektur UK Petra, Gunawan Tanuwidjaja menjelaskan buku tersebut berisikan konsep desain rumah Anti Covid-19 antar generasi untuk dua pasangan.

"Dua fasilitas unik yang menonjol ialah ruang tamu yang terpisah dan terbuat dari kaca dan tempat membersihkan diri sebelum masuk ke rumah yang menjadi persyaratan baru pada masa Covid-19," papar Gunawan di hadapan 50 lebih partisipan yang hadir secara virtual.

Baca juga: Presiden Jokowi Janjikan Bantuan Perbaikan Rumah Terdampak Gempa di Kabupaten Malang: Dikerjakan Mei

Menurutnya, desain tersebut dapat di terapkan di Surabaya pada perumahan menengah ke atas, dengan ukuran tanah 12 meter x 30 meter.

"Untuk mengontrol akses tamu agar tidak mudah terpapar Covid-19, dalam desain terdapat jendela kaca yang memisahkan tamu dan penghuni rumah," ujarnya.

Tak hanya itu, tim penulis juga membuat area pembersihan untuk pengguna yang pulang ke rumah.

Di area pembersihan ini difasilitasi sebuah kursi roda untuk lansia lansia dan pengguna non-disabilitas lainnya.

Baca juga: Badai Covid-19 di India Akibat Mutasi Ganda Corona B1617, Ini Bedanya dengan B117, Lebih Menular?

Halaman
12
Penulis: Zainal Arif
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved