Breaking News:

Berita Surabaya

Rekonstruksi 24 Kunang-kunang dalam Pameran Kuantum Fayakun di n0lkecil Creative Space Surabaya

Rekonstruksi 24 kunang-kunang dalam pameran tunggal bertajuk Kuantum Fayakun di n0lkecil Creative Space Surabaya.

TRIBUNJATIM.COM/HABIBUR ROHMAN
24 rekonstruksi kunang-kunang berbahan aransemen logam dihadirkan di n0lkecil Creative Space Surabaya, Kamis (29/4/2021). 

Reporter: Christine Ayu | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sebanyak 24 rekonstruksi kunang-kunang berbahan aransemen logam dihadirkan di n0lkecil Creative Space Surabaya, Kamis (29/4/2021).

Seni instalasi tersebut merupakan buah karya dari seniman Abd Hafidz Fadli atau yang lebih akrab dengan nama Toyol Dolanan Nuklir.

"Terdapat 24 karya kunang-kunang yang terdiri dari satu indukan dan 23 anakan," ungkap Toyol.

Kunang-kunang tersebut diciptakan dari remahan logam dan bahan keras lainnya, mulai dari mesin kendaraan, alat elektronik, tabung reaksi, tabung bahan bakar, sampai unit penangkapan sinyal.

"Saya menggunakan media benda bekas sisa pabrik, barang-barang produksi yang sudah tidak lagi terpakai. Saya recycle untuk menghadirkan kunang-kunang ini," ungkap seniman berusia 30 tahun ini.

Rekonstruksi kunang-kunang tersebut mengejap-kejapkan cahaya, beberapa di antaranya dilengkapi bunyi. Selain statis, sejumlah kunang-kunang didesain dapat bergerak.

"Lama pengerjaan sekitar satu bulan. Karya ini pun masih terus berproses. Nantinya akan ada evaluasi seperti penambahan ornamen dan sebagainya," tutur Toyol.

Sebanyak 24 karya tersebut dipamerkan selama 35 hari sampai Selasa (1/6/2021) mendatang. Pemilihan angka 24 dan 35 rupanya juga bukan tanpa alasan.

"Pemilihan angka 24 dan 35 mengantarkan Toyol Dolanan Nuklir untuk memilih firman-Nya dalam kitab suci alquran yang ke-24, yaitu surat An-Nur, serta ayat 35-nya," ungkap kurator pameran Zuhkhriyan Zakaria.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved