Breaking News:

Berita Lamongan

Cegah Pemudik Masuk Lamongan, Jalan Tikus Dijaga Ketat Petugas Gabungan, 'Wajib Putar Balik'

Tidak ada peluang bagi pemudik untuk melintas di wilayah Lamongan. Bahkan jalan tikus pun jadi sasaran patroli anggota Polres Lamongan.

TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Ilustrasi Pemudik 

Reporter: Hanif Manshuri I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Tidak ada peluang bagi pemudik untuk melintas di wilayah Lamongan. Bahkan jalan tikus pun jadi sasaran patroli anggota Polres Lamongan.

"Semua jalan tikus dipatroli, dan tidak ada ruang sedikitpun bagi mereka yang tetap menyerobot untuk mudik, " kata Kasat Lantas Polres Lamongan, AKP Fybrien Senja Indah Lestari kepada Surya.co.id (TribunJatim.com grup), Jumat (30/4/2021).

Selain empat titik penyekatan untuk keluar masuk Lamongan dijaga ketat dengan melakukan razia kendaraan yang datang maupun keluar Lamongan, pengawasan di jalan tikus pun diperketat selama larangan mudik oleh pemerintah.

Bagaimana pola penyekatan dan patroli di jalan tikus dilakukan petugas, menurut Fybrien, semua sudah ada SOPnya. 

Penyekatan secara ketat ini dimaksudkan untuk memutus mata rantai Covid -19 dan menjaga kemungkinan menyebar akibat masyarakat mudik.

Jalan tikus wilayah Babat perbatasan dengan Gajah Bojonegoro, Kedungadem - Sukorame Lamongan, Ngimbang - Jombang dan Nganjuk, Babat - Jombang, Mantup - Mojokerto, Balongpanggang - Mantup Lamongan, Gresik - Dukun dan Sedayulawas - Tuban semuanya akan dipatroli.

"Juga ada personil yang standby di sejumlah jalan tikus. Tidak peluang deh bagi mereka yang mau berusa menyerobot, " kata Fybrien.

Pihaknya juga tidak ingin sampai kecolongan adanya warga yang melanggar untuk mudik. Makanya, anggota harus tegas melakukan eksekusi pada pelanggar. "Satu kalimat, wajib balik kanan, " tandasnya.

Kepada anggota, nasih kata Fybrien, juga jangan sampai menyerah karena rengekan pemudik. Namun petugas juga tidak boleh garang, tetap  humanis, tapi tegas.

Pemudik yang mengakali petugas pasti akan ketahuan, petugas akan memeriksa semua kelengkapan kendaraan. Termasuk barang bawaannya.

"Perbatasan jalan tikus di Glagah - Gresik juga jadi pantauan, " katanya.

Patroli dan jaga di empat titik penyekatan, polisi melibatkan TNI, Dishub, Satpol PP dan juga tenaga kesehatan.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved