Breaking News:

Berita Jember

59 Desa Gelar Pilkades Tahun 2021, Ketua Komisi A DPRD Jember: Aturan Main Harus Jelas

59 desa di Kabupaten Jember bakal menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di bulan Agustus mendatang. Ketua Komisi A DPRD Jember Tabroni m

surya/sriwahyunik
Ketua Komisi A DPRD Jember Tabroni 

Reporter: Sri Wahyunik I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - 59 desa di Kabupaten Jember bakal menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di bulan Agustus mendatang.

Ketua Komisi A DPRD Jember Tabroni meminta Pilkades digelar secara fair dan mengikuti peraturan yang ada. Salah satunya ketika pembentukan panitia Pilkades.

"Aturan main harus jelas. panitia Pilkades juga harus bersikap netral, dan ideal," ujar Tabroni, Jumat (30/4/2021).

Komisi A DPRD Jember memiliki kewenangan pengawasan desa, dan bermitra dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa. Karenanya, terkait pelaksanaan Pilkades menjadi fokus pengawasan Komisi A.

"Pilkades 2021 harus dipersiapkan secara matang. Masyarakat di 59 desa yang akan menggelar Pilkades juga harus tahu aturan main Pilkades," tegas Tabroni.

Ia menggambarkan, dalam pelaksanaan pemilihan harus memiliki aturan main dan panitia Pilkades harus bersikap netral dan ideal.

Politisi PDI Perjuangan itu mengingatkan masyarakat, supaya mengikuti rapat pembentukan tersebut dan memahami dengan benar aturan yang ada.

Seluruh proses dan tahapan pelaksanaan Pilkades nantinya harus dibahas melalui Musyawarah Desa (Musdes).

"Aturan main itu nantinya akan dibahas dalam Musdes dan dipimpin oleh BPD. Saya harapkan masyarakat bisa ikut serta mengawal pelaksanaan Pilkades di masing-masing desa," tegasnya.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved