Breaking News:

Berita Kota Malang

Bus Malang City Tour Akan Siap Dioperasikan Secepatnya

Ada berita gembira bagi wisatawan di Kota Malang. Karena direncanakan bus New Macyto (Malang City Tour), akan secepatnya untuk dioperasikan.

Tribunjatim/kukuh kurniawan
Bus Macyto yang akan dirombak menjadi bus New Macyto. 

Reporter : Kukuh kurniawan | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Ada berita gembira bagi wisatawan di Kota Malang. Karena direncanakan bus New Macyto (Malang City Tour), akan secepatnya untuk dioperasikan.

"DED (Detail Engineering Desain) akan diselesaikan pada tanggal 10 Mei 2021. Rencananya, setelah DED selesai, baru disampaikan ke pak Wali Kota agar ditentukan langkah selanjutnya ada arahan apa," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Heru Mulyono kepada TribunJatim.com, Minggu (2/5/2021).

Dirinya menjelaskan, DED dilakukan karena bus New Macyto memiliki bentuk sedikit berbeda dari Macyto sebelumnya. Desain tersebut disesuaikan dengan aturan dari Dirjen Perhubungan Darat.

"Utamanya, yakni tinggi bus dengan bagian terbuka di atas. Nantinya di New Macyto lebih pendek, tidak seperti yang kemarin. Dan bus ini akan dioperasikan sesegera mungkin untuk menarik wisatawan," jelasnya kepada TribunJatim.com.

Dirinya juga menerangkan, saat ini ada dua unit bus New Macyto yang siap beroperasi. Namun, Pemkot Malang berencana membuat pengadaan unit bus yang baru.

Baca juga: Bus Macito Kota Malang Bakal Jadi New Macyto, Ditarget Wali Kota Sutiaji: 2021 Kembali Mengaspal

"Kedepan rencananya begitu, akan ditambah satu unit. Anggarannya, kurang lebih sekitar Rp 1 miliar," tandasnya kepada TribunJatim.com.

Sebagai informasi sejak bulan Agustus 2019, bus Macyto berhenti beroperasi. Sebab, adanya penyesuaian aturan karena tidak memiliki surat pendukung seperti STNK.

Pihak berwajib enggan mengeluarkan surat tersebut, lantaran bentuknya berbeda dari kendaraan lainnya. Sehingga perlu penyesuaian agar bisa kembali beroperasional.

berita tentang New Macyto

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved