Breaking News:

Berita Malang

Dua Mahasiswa Afganistan Dapat Kesempatan Kuliah di Unisma Lewat Jalur Beasiswa

Universitas Islam Malang (Unisma) melakukan kerjasama dengan Kedubes Afganistan di Jakarta pada Jumat (30/4/2021) lalu.

Surya/sylvianita widyawati
Rektor Unisma Prof Dr Maskuri MSi mendapat hadiah baju kebesaran khas Afganistan dari Dr Ir Arief Rachman MM MBA, Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Afganistan saat acara Agreement Arrangement Signing antara Kedubes Afganistan di Jakarta dengan Unisma, Jumat lalu (30/4/2021). 

Reporter: Sylvianita Widyawati I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Universitas Islam Malang (Unisma) melakukan kerjasama dengan Kedubes Afganistan di Jakarta pada Jumat (30/4/2021) lalu.

Salah satu isinya adalah memberikan beasiswa pada mahasiswa Afganistan untuk kuliah di Unisma.

"Tahun ini ada dua mahasiswa Afganistan yang akan kuliah di Unisma," jelas Rektor Unisma Prof Dr Maskuri MSi pada wartawan usai acara.

Selain itu itu, kerjasama juga memungkinkan adanya dosen yang mengajar meski masih lewat daring serta pertukaran mahasiswa.

"Untuk beasiswa mahasiswa Afganistan adalah non Fakultas Pendidikan," jelas Maskuri.

Dikatakan, negara Afganistan sudah ada NU disana. Sehingga dengan pemberian beasiswa ini akan sesuai dengan tagline Unisma yaitu Unisma dari NU dan Peradaban Dunia. 

"Kemungkinan dari Afghanistan juga akan mengirim beberapa calon mahasiswa untuk kuliah di Unisma," ungkapnya.

Kerjasama ini akan berlangsung selama empat tahun dan akan dilihat perkembangannya. Sebab setiap tahun ada ada komitmen untuk memberikan beasiswa.

Kegiatan di Unisma juga dihadiri oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia (RI) untuk Afghanistan, Dr Ir Arief Rachman MM MBA.

Bersama Afganistan ini maka makin menambah negara kerjasama Unisma. Sebelumnya dengan Thailand, Mesir, Rusia, Korea Selatan dll.

"Insyaallah bendera Afganistan akan dipasang di Unisma karena ada mahasiswa Afganistan yang kuliah di sini," jelasnya. Menurut Arief, kerjasama ini mengeratkan dua negara dan dua universitas. 

Ia mengapresiasi pada Unisma karena memberikan beasiswa kepada mahasiswa Afghanistan. Sebab muslim di Afghanistan juga memiliki semangat yang luar biasa untuk terus membangun dan memajukan negaranya.

Ia juga menceritakan negara Afganistan sangat indah. Rektor menyatakan perguruan tingginya sedang berkembang dan ingin menguatkan kerjasama nasional dan internasional.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved