Breaking News:

Berita Kota Malang

Hadiri Khotmil Quran, Wali Kota Malang Sutiaji: Konsep Pendidikan Harus Mencontoh pada Alquran

Hadiri Khotmil Quran online bersama Gubernur Jawa Timur, Wali Kota Malang Sutiaji: Konsep pendidikan harus mencontoh pada alquran.

TRIBUNJATIM.COM/RIFKI EDGAR
Wali Kota Malang, Sutiaji saat menghadiri Khotmil Quran secara online bersama Gubernur Jawa Timur di Rumah Dinas Wali Kota Malang pada Sabtu (1/5/2021) malam. 

Reporter: Rifki Edgar | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Alquran telah mengajarkan umat Islam di seluruh dunia tentang hikayah. Alquran juga memberi suri tauladan yang baik bagi manusia.

Semangat dan komitmen yang terkandung di dalam alquran tersebut, diharapkan dapat diimplementasikan secara nyata oleh manusia, terutama di sektor pendidikan.

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Malang, Sutiaji seusai menghadiri Khotmil Quran secara online bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Rumah Dinas Wali Kota Malang pada Sabtu (1/5/2021) malam.

Sutiaji menyampaikan, dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, sudah seharusnya konsep pendidikan harus mencontoh kepada alquran.

Karena alquran telah mengajarkan tentang pendidikan karakter yang saat ini menjadi program Pemerintah Kota Malang dalam membangun konsep belajar mengajar di sekolah.

"Alquran itu memiliki banyak sekali keteladanan. Di ajaran alquran ada punishment (hukuman) dan reward (penghargaan). Maka dari itu, konsep pendidikan sudah semestinya mencontoh pada alquran," ucapnya.

Bagi Sutiaji, ketauladanan yang ada di dalam alquran memiliki nilai afektif dan kognitif. Hal itu pun yang seharusnya mampu diimplementasikan di bidang keilmuan yang ada dalam proses belajar mengajar.

Implementasi tersebut yang kini sedang digagas melalui pendidikan karakter. Melalui pembudidayaan pendidikan karakter tersebut diharapkan dapat memunculkan bibit unggul manusia yang cerdas.

"Bahwa pembudidayaan pendidikan karakter ini menjadi semangat kita semua. Karena kalau ketahanan mental kita gak kuat. Maka tidak menutup kemungkinan mental anak didik kita akan menurun. Maka dalam rangka Hari Pendidikan sangat relevan untuk kembali lagi kepada alquran," ucapnya.

Baca juga: Sutiaji Ajak Seluruh OPD Pemkot Malang Turunkan Angka Stunting: Disesuaikan Kerja Masing-masing

Halaman
12
Penulis: Rifki Edgar
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved