Breaking News:

Berita Pasuruan

Setujui Usulan Gus Ipul, Mahfud MD Jadikan Pembangunan Lapas Terintegrasi Sebagai Pilot Project

Menkopolhukam Mahfud MD menjadikan pembangunan lembaga pemasyarakatan (lapas) terintegrasi di Kota Pasuruan sebagai pilot project

TribunJatim.com/ Galih Lintartika
Gua Ipul dan Mahfud MD bicara soal gagasan lapas integrasi 

Reporter: Galih Lintartika | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Menkopolhukam Mahfud MD menjadikan pembangunan lembaga pemasyarakatan atau lapas terintegrasi di Kota Pasuruan sebagai pilot project.

Hal itu ditegaskan Mahfud MD usai meninjau dan berkeliling Lapas kelas II B Kota Pasuruan, Minggu (2/5/2021) sore bersama rombongan.

"Pembangunan lapas terintegrasi ini akan saya jadikan pilot project pembangunan lapas ke depan. Ada tempat pengobatan, rehabilitasi, pesantrennya dan lainnya," katanya.

Mahfud MD menyebut, dengan begitu, maka suasananya berbeda. Dan, lapas terintegrasi harus bisa dibuat dengan senyaman mungkin.

"Satu hal yang menggembirakan adalah istilah penjara menjadi lapas. Kalau penjara identik dengan penyiksaan, kalau lapas menjadi tempat rehabilitasi," sambungnya.

Ia menilai, perubahan ini cukup berhasil, dan sekurang - kurangnya terbukti di sini. Lapas menjadi tempat yang nyaman sebagai tempat pengobatan dan rehabilitasi.

Baca juga: Pacitan Sampai Gempar, Ada Pembantaian 11 Anjing di Pantai Telengria, Polisi Gercep

"Lapas menjad tempat perubahan. Warga binaan bisa belajar, dibekali keahlian, sehingga ketika kembali ke masyarakat mereka sudah berubah dan kreatif," urainya.

Ia melihat karya teman - teman binaan di Lapas Kelas II B Kota Pasuruan ini luar biasa. Ada yang dibekali di bidang pertanian.

Ada yang dibekali keahlian menjahit sarung, pembuatan tempe, pembuatan tabungan dari limbah bekas dan masih banyak lagi.

Halaman
12
Penulis: Galih Lintartika
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved