Breaking News:

Berita Nganjuk

Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Nganjuk Karantina Tiga Orang PMI yang Pulang dari Malaysia

Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Nganjuk melakukan karantina kepada tiga orang pekerja migran yang pulang dari Malaysia.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Tiga orang PMI dari Malaysia didata Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Nganjuk dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19). Mereka wajib menjalani karantina sebelum pulang ke rumah masing-masing, Senin (3/5/2021). 

Reporter: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Nganjuk melakukan karantina terhadap tiga Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tiba dari negara Malaysia.

Ketiga PMI dari Kecamatan Berbek Wilangan, dan Prambon tersebut dikarantina di Hotel Wisata Karya Pesanggrahan Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk.

Perwakilan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Nganjuk, Kompol Abdul Rokib mengatakan, langkah karantina tersebut diambil sebagai tindakan yang sesuai dengan SOP untuk PMI yang datang dari luar negeri.

Langkah pertama karantina selama dua hari telah dijalani tiga PMI asal Nganjuk tersebut di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, yang kemudian dikarantina lagi selama tiga hari di Hotel Wisata Karya Pesanggrahan Nganjuk.

"Jadi tindakan karantina terhadap tiga orang PMI itu sesuai kebijakan yang telah ditetapkan Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Nganjuk," kata Abdul Rokib didampingi Kasubag Humas Polres Nganjuk, Iptu Supriyanto, Senin (3/5/2021).

Dijelaskan Abdul Rokib, dalam persiapan awal pelaksanakan karantina yakni dengan sterilisasi lokasi Hotel Wisata Karya dan kesiapan ruang karantina.

Ketika tiga orang PMI datang di Hotel Wisata Karya setelah dijemput dari Asrama Haji Surabaya oleh petugas Dishub, selanjutnya dilakukan tes suhu badan oleh petugas kesehatan dan dinyatakan normal. Baru kemudian PMI memasuki kamar yang disediakan dan melaksanakan makan serta istirahat.

Masa karantina yang dilaksanakan selama tiga hari, menurut Abdul Rokib, terhitung sejak PMI memasuki ruang kamar hotel.

Baca juga: Penindakan Tempat Hiburan Malam Bandel oleh Satgas Covid-19 Nganjuk Timbulkan Efek Jera Pemilik

Setelah tiga hari selanjutnya akan dilakukan test swab. Jika hasilnya negatif maka mereka akan diperbolehkan pulang. Tapi jika hasilnya positif maka akan dipindah ke fasilitas isolasi Empu Sendok Kota Nganjuk.

"Segala akomodasi untuk PMI ditanggung seluruhnya oleh Pemkab Nganjuk yang selanjutnya dikelola oleh manajemen Hotel Wisata Karya Pesanggrahan Nganjuk," ucap Abdul Rokib yang juga Kabag Ops Polres Nganjuk.

Tempat karantina PMI tersebut, tambah Abdul Rokib, akan dijaga ketat oleh petugas Kepolisian Resort Nganjuk dan Polsek Sawahan. Petugas akan melakukan penjagaan selama 24 jam penuh demi keamanan dan kenyamanan para PMI yang sedang menjalani karantina.

"Mudah-mudahan saja mereka negatif Covid-19, sehingga bisa cepat pulang ke kampung halaman dan berkumpul dengan keluarga yang sudah lama menunggu," tutur Abdul Rokib.

Berita tentang Kabupaten Nganjuk

Berita tentang Jawa Timur

Penulis: Achmad Amru Muiz
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved