Breaking News:

Berita Trenggalek

Antisipasi Dini Penyakit Lansia, Trenggalek Luncurkan Program Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Desa

Sebagai langkah antisipasi dini penyakit yang diderita lansia, Pemkab Trenggalek luncurkan program pemeriksaan kesehatan gratis di desa-desa.

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Dwi Prastika
TRIBUNJATIM.COM/AFLAHUL ABIDIN
Para lansia mengikuti program pengecekan kesehatan di Kantor Desa Bendorejo, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek, Selasa (4/5/2021). 

Reporter: Aflahul Abidin | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin meluncurkan program pemeriksaan gratis bagi para lanjut usia (lansia) di desa-desa, Selasa (4/5/2021).

Lewat program yang diberi nama Harapan Masyarakat Optimis untuk Hidup Sehat (Harmonis) Mantap itu, para tenaga kesehatan akan mengunjungi tiap desa untuk memeriksa para lansia yang ada di sana.

Pada hari ini, puluhan lansia berusia di atas 60 tahun di Desa Bendorejo, Kecamatan Pogalan, dicek kesehatannya di halaman kantor desa.

Setelah mengecek tiap lansia, para tenaga kesehatan memberikan obat atau multivitamin secara gratis.

Menurut bupati yang akrab disapa Mas Ipin itu, program itu mendorong sisi promotif dan preventif terhadap kesehatan masyarakat.

“Sehingga bukan dari sisi pengobatan kuratifnya. Tapi lebih ke arah deteksi dini terkait risiko kesehatan tiap warga, utamanya lansia,” ujar Mas Ipin.

Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan setempat, angka kematian tertinggi di Kabupaten Trenggalek disumbang oleh penyakit kronis. Seperti diabetes dan hipertensi.

Program ini diharapkan dapat membantu warga untuk mendeteksi dini risiko penyakit yang dipunyai.

Maklum, banyak warga di desa-desa yang tak sadar bahwa dirinya sebenarnya mengidap masalah kesehatan tertentu karena minimnya pengecekan.

Baca juga: Sedang Olahraga, TNI Trenggalek Dengar Teriakan, Ternyata Ibu Melahirkan di Kamar Mandi, Sigap Bantu

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved