Breaking News:

Berita Blitar

Cek Temuan Struktur di Persawahan Kota Blitar, BPCB Jatim: Pernah Terjadi Aktivitas di Masa Lalu

Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim mengecek temuan struktur bata dan batu jambangan di areal persawahan Kelurahan Karangtengah, Kecamatan

surya/samsulhadi
Tim BPCB Jatim mengidentifikasi temuan struktur bata dan jambangan dari batu di areal persawahan Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Rabu (5/5/2021). 

Reporter: Samsul Hadi I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR- Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim mengecek temuan struktur bata dan batu jambangan di areal persawahan Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Rabu (5/4/2021).

Tim BPCB Jatim melakukan observasi dan identifikasi terhadap temuan benda yang diduga cagar budaya tersebut.

Arkeolog BPCB Jatim, Nonuk Kristiana mengatakan penanganan temuan terhadap obyek diduga cagar budaya berdasarkan laporan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Blitar.

"Hari ini kami ke lapangan untuk kroscek kebenaran laporan temuan itu. Kemudian melakukan perekaman data secara arkeologis dengan mengidentifikasi obyek temuan serta mengidentifikasi lingkungan obyek ditemukan," kata Nonuk di lokasi.

Dikatakannya, Tim BPCB Jatim melakukan penanganan temuan di dua titik lokasi yang sama-sama berada di areal persawahan dekat RSUD Mardi Waluyo atau di Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

Penanganan pertama, yaitu, mengidentifikasi temuan benda berupa jambangan dari batu di sebelah utara bangunan RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar.

Tim BPCB mengidentifikasi benda berupa jambangan dari batu tetapi tidak menemukan angka tahun di bagian sisi benda itu.

"Sudah kami identifikasi tidak terdapat angka tahun yang biasanya di satu sisi benda itu. Ketika ada angka tahun, biasanya mewakili sejarah yang punya nilai tinggi dari benda itu," ujarnya.

Penanganan kedua, yaitu, mengidentifikasi temuan struktur bata di sebelah selatan atau persis di belakang bangunan RSUD Mardi Waluyo.

Halaman
123
Penulis: Samsul Hadi
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved