Breaking News:

Berita Kota Malang

Selain Cegah Kriminalitas, Pelanggaran Prokes Masuk Daftar Operasi Ketupat Semeru 2021 Kota Malang

Selain mencegah kriminalitas, pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 masuk daftar Operasi Ketupat Semeru 2021 di Kota Malang.

TRIBUNJATIM.COM/RIFKI EDGAR
Foto bersama Forkopimda Kota Malang saat apel pagi Operasi Ketupat Semeru 2021 di halaman Balai Kota Malang, Rabu (5/5/2021). 

Reporter: Rifki Edgar | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Sejumlah pelanggaran menjadi perhatian utama Pemerintah Kota Malang bersama Forkopimda Kota Malang, dalam hal ini TNI/Polri dalam mengamankan momen Lebaran 2021 melalui Operasi Ketupat Semeru 2021.

Setidaknya ada dua poin jenis pelanggaran yang telah dirangkum dalam Operasi Ketupat Semeru 2021, di antaranya ialah tindakan kriminalitas baik curas, curat dan curanmor, hingga pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 (virus Corona).

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Malang, Sutiaji saat memimpin apel pagi Operasi Ketupat Semeru 2021 di halaman Balai Kota Malang, Rabu (5/5/2021).

"Ada dua hal yang menjadi komitmen kami saat operasi nanti, selain kriminalitas curas, curat dan lainnya, juga termasuk pelanggaran protokol Covid-19 yang harus ditegakkan," ucap Sutiaji.

Sutiaji menambahkan, di setiap Operasi Ketupat Semeru memiliki frekuensi jenis tindakan kriminal yang berbeda-beda di setiap tahunnya.

Oleh karenanya, dia meminta agar operasi ini tidak dipandang sebelah mata. Karena pelanggaran protokol kesehatan ini masuk ke dalam prioritas.

Seperti mencegah kerumunan di tempat perbelanjaan, mal maupun pasar. Mengingat menjelang Lebaran ini diprediksi banyak masyarakat yang berbelanja kebutuhan Lebaran.

"Maka ini menjadi kewaspadaan kita semua. Kami perintahkan Satpol PP, Disporapar dan Dinas Kesehatan untuk mengecek ke mal-mal. Nanti operasinya rutin keliling untuk memastikan di tempat tersebut telah menerapkan protokol Covid-19," ucapnya.

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkot Malang Sediakan Alat Rapid Test Antigen Bagi Pengunjung Mal

Selain itu, penekanan lain yang menjadi perhatian ialah penguatan posko pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro di tingkat RT/RW. Posko tersebut yang nantinya jadi benteng terakhir guna memantau mobilitas masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Rifki Edgar
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved