Ramadan 2021

Tata Cara Salat Malam: Tasbih, Hajat, Tahajud dan Taubat Demi Raih Lailatul Qadar, Lengkap Niat-Doa

Memasuki 10 hari terakhir Bulan Ramadan, biasanya dimanfaatkan untuk melaksanakan Salat Malam demi mendapatkan Lailaul Qadar.

SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Umat muslim amaah mengikuti salat tahajud, hajat dan tasbih saat melakukan itikaf atau berdiam diri di dalam masjid pada malam ganjil hari ke-21 Ramadan di Masjid Al Akbar Surabaya, Rabu (6/6/2018) dini hari. Menginjak malam 21 Ramadan, Masjid Al Akbar menggelar acara ibadah qiyamul lail, untuk memperoleh berkah lailatul qadar. 

Editor: Arie Noer Rachmawati

TRIBUNJATIM.COM - Memasuki 10 hari terakhir Bulan Ramadan, biasanya dimanfaatkan untuk melaksanakan Salat Malam demi mendapatkan Lailaul Qadar.

Adapun salat sunnah yang dikerjakan seperti salat taubat, salat Tahajud, salat tasbih, dan salat hajat.

Rasulullah menyebut salat malam merupakan salat yang paling utama setelah salat lima waktu (maktubah).

Seperti dalam sabdanya: "Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram. Sebaik-baik shalat setelah shalat fardlu adalah shalat malam." (HR Muslim).

Berikut tata cara salat malam, di antaranya salat taubat, salat tahajud, salat tasbih, salat hajat.

Baca juga: 3 Ciri Orang Mendapat Malam Lailatul Qadar di Ramadan 2021, Ini Penjelasannya, Hidup Berubah Damai

Salat Taubat

Salat Taubat adalah salah satu salat sunnah untuk memohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa.

Kata taubat berarti kembali kepada Allah swt, serta berjanji tidak akan mengulang kembali (dosa yang telah dilakukan).

Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang bertaubat sebagaimana yang difirmankan dari Surat Al Baqarah ayat 22 yang berbunyi:

الَّذِيْ جَعَلَ لَكُمُ الْاَرْضَ فِرَاشًا وَّالسَّمَاۤءَ بِنَاۤءً ۖوَّاَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً فَاَخْرَجَ بِهٖ مِنَ الثَّمَرٰتِ رِزْقًا لَّكُمْ ۚ فَلَا تَجْعَلُوْا لِلّٰهِ اَنْدَادًا وَّاَنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

allażī ja'ala lakumul-arḍa firāsyaw was-samā`a binā`aw wa anzala minas-samā`i mā`an fa akhraja bihī minaṡ-ṡamarāti rizqal lakum, fa lā taj'alụ lillāhi andādaw wa antum ta'lamụn

Artinya: (Dialah) yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dialah yang menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia hasilkan dengan (hujan) itu buah-buahan sebagai rezeki untukmu. Karena itu janganlah kamu mengadakan tandingan-tandingan bagi Allah, padahal kamu mengetahui.

1. Tata Cara Salat Taubat

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved